SOLOPOS.COM - HArianJogja/Gigih M. Hanafi Siswa menangis saat mengikuti simulasi penanganan bencana banjir dan tanah longsor di kawasan SD Bangunrejo 1 dan 2, Jogja, Kamis (4/6). Tujuan simulasi di karenakan lokasi SD terletak di wilayah rawan bencana serta peresmian SD Negeri Bangunrejo sebagai Sekolah Siaga Bencana oleh walikota Jogja.

Sekolah siaga bencana pun dirasa cukup penting untuk diterapkan oleh sekolah di Gunungkidul.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Gunungkidul yang masih rawan akan bencana alam seperti Gempa bumi, tanah longsor, serta angin ribut menggerakkan lembaga pendidikan untuk menyelenggarakan kegiatan khusus untuk siswa terampil hadapi bencana.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Yeremias, salah seorang guru di SMA N 1 Wonosari mengatakan, pihaknya mulai membentuk SMA N 1 Wonosari sebagai sekolah siaga bencana.

Dikatakannya telah rutin menyelenggarakan diklat SAR. Kegiatan tersebut dikhususkan bagi pelajar SMA N 1 Wonosari untuk melatih menjadi relawan saat terjadinya bencana alam.

Dalam usaha tersebut pihaknya pun menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul untuk menjadi fasilitator dalam kegiatan tersebut.

“Sudah rutin melaksanakannya selama dua tahun terakhir. Insya Allah tahun depan akan kami fasilitasi lebih baik lagi,” kata dia.

Sekolah siaga bencana pun dirasa cukup penting untuk diterapkan oleh sekolah di Gunungkidul. Menurutnya, mitigasi bencana layak dimasukkan dalam kurikulum sehingga setiap sekolah wajib memberikan edukasi kepada para siswanya terkait dengan mitigasi bencana.

Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Gunungkidul, Sumarno mengapresiasi langkah SMA N 1 Wonosari sebagai sekolah yang bergerak menjadi salah satu sekolah siaga bencana.

Pihaknya pun akan siap bekerjasama untuk memberikan edukasi secara pemahaman materi maupun pelaksanaan praktik kepada siswa.

“Bersama SMA N 1 Wonosari pun sudah dua kali, tahun ini dan tahun kemarin,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya