SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional SMP (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Pendidikan Jogja memiliki program pertukaran pelajar untuk tingkat SMA/SMK

 
Harianjogja.com, JOGJA– Dinas Pendidikan Kota Jogja sulit mewujudkan program pertukaran pelajar di tingkat SMP,

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jogja Edy Heri Suasana mengungkapkan adanya alih status SMA/SMK ke provinsi ini membuat Dinas Pendidikan Kota Jogja berupaya merancang program pertukaran pelajar untuk tingkat SMP.

Sayangnya program ini sulit terealisasi mengingat adanya pemangkasan anggaran pendidikan yang jumlahnya cukup mencolok. “Rencananya tahun ini kami buat untuk program tingkat SMP, tapi sepertinya belum bisa terlaksana,” jelas Edy, Rabu (15/3/2017).

Menurut Edy, program pertukaran pelajar tersebut membawa dampak yang sangat positif untuk membangun karakter dan jiwa nasionalisme siswa.

“Program ini sangat berguna sekali. Sangat sayang jika tidak berlanjut. Program pertukaran pelajar ini bisa menanamkan pendidikan karakter secara nyata,” ujarnya.

Menurut dia, para pelajar yang menjadi duta program ini juga bisa mengenal budaya daerah lain. Selanjutnya mereka bisa menyemaikan nilai-nilai positif yang didapat kepada rekan-rekannya sesama pelajar.

Adapun program ini, lanjut Edy, sudah berjalan sejak periode 2005-2006. Program dilakukan setiap tahun. Ada sebanyak 40 pelajar yang dikirim ke daerah lain untuk menjalankan misi memperdalam khazanah budaya di daerah lain.

Konsepnya, masing-masing sekolah mengirimkan siswa-siswa terbaiknya yang telah diseleksi secara internal. Dari siswa-siswa yang telah disaring di tingkat sekolah itu kemudian dinas menyeleksi lagi hingga akhirnya mengerucut jadi 40 siswa sebagaimana kuota yang ditetapkan.

Daerah yang akan menjadi objek tujuan pun selalu berganti-ganti dari tahun ke tahun.

Sebelum mengirim siswa ke lokasi tujuan,  dinas telah melakukan survei dulu pada daerah-daerah yang dinilai cocok sebagai objek tujuan pelajar-pelajar dari sekolah di Jogja ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya