SOLOPOS.COM - Siswa kelas 5 Olifant School menjual berbagai macam makanan dan produk dalam kegiatan Kidpreneur Bazaar Olifant, Rabu (23/3/2016) (JIBI/Harian Jogja/dok. Olifant)

Pendidikan Jogja, ada beragam cara mendorong kepercayaan diri anak.

Harianjogja.com, SLEMAN Show and Tell merupakan program spesial yang diadakan SD Olifant. Program ini diadakan bagi siswa kelas 2 SD yang juga mengundang kehadiran orang tua siswa. Program ini merupakan program rutin yang bertujuan melatih keberanian dan kepercayaan diri siswa tampil di depan publik.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

“Seperti kita tahu, keberanian dan kepercayaan diri merupakan bagian dari entrepreneurship yang memang sedang menjadi tema besar Olifant School,” kata salah satu pengajar di Olifant School, Sarah Roulina Astrid, dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (14/9/2016).

Siswa membutuhkan keberanian untuk maju ke kelas dan mengungkapkan pikiran dan perasaan mereka dalam bentuk cerita. Keterampilan ini akan dibutuhkan hingga mereka dewasa nanti, sehingga perlu dan penting dilatih sedari dini.

Dalam Show and Tell ini, beberapa siswa menceritakan mainan favorit mereka masing-masing. Ada juga siswa yang menceritakan prestasi yang pernah diraih oleh mereka. Menurutnya, ada banyak hal positif yang diperoleh dari kegiatan ini. Di antaranya, berlatih kepercayaan diri, siswa merasa diperhatikan dan didengarkan saat mengungkapkan pikiran dan perasaannya sehingga ia memiliki pandangan yang baik tentang dirinya sendiri. Selain itu siswa belajar bercerita secara runtut dan mendengarkan, siswa dapat bercerita dengan bahasa deskriptif dan kalimat lengkap, menambah kosakata dan membantu mereka mengungkapkan pikiraan dan perasaan dengan kata-kata.

“Mereka bisa belajar menjadi audience yang baik dan memperkenalkan diri, belajar mengajukan pertanyaan sesuai topik yang sedang dibahas, dan belajar menghargai perbedaan,” jelasnya. Tentu saja kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar berkat dukungan orang tua sehingga hal positif dari kegiatan ini dapat diperoleh anak-anak dengan optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya