SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok. SOLOPOS)

Pada 2015 pengunjung perpustakaan mencapai 609.754 orang.

Harianjogja.com, SLEMAN– Minat baca masyarakat di Sleman diklaim mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut merujuk pada jumlah kunjungan perpustakaan yang terus meningkat setiap tahun.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Kepala Kantor Perpustakaan Daerah (Perpusda) Sleman Sri Hartati menyampaikan, pada 2013 lalu jumlah pengunjung ke perpustakaan sebanyak 108.875 orang. Jumlah tersebut meningkat drastis pada 2014 menjadi 580.219 orang. Sementara peningkatan jumlah pengunjung ke perpustakaan juga terjadi pada 2015 sebanyak 609.754 orang. “Saat ini terdapat 873 perpustakaan di Sleman,” katanya, Rabu (14/9).

Dia menjelaskan, koleksi buku yang dimiliki oleh Perpusda Sleman hingga kini mencapai 34.815 judul buku. Adapun jumlah koleksi buku yang ditawarkan sebanyak 62.847 eksemplar. Untuk melayani masyarakat di pelosok-pelosok daerah, Pemkab menyebarkan lima armada perpustakaan keliling yang mampu menjangkau 60 lokasi. Selain itu, terdapat juga kantong-kantong perpustakaan yang dikelola oleh desa dan kelompok masyarakat.

“Di wilayah Sleman memiliki kantong perpustakaan di 18 lokasi. Pemkab juga membentuk rintisan desa gemar membaca di delapan lokasi,” kata dia.

Menurutnya, keberadaan perpustakan desa diharapkan dapat terus berkembang. Hal itu dilakukan melalui penataan manajemen pengelolaan perpustakaan desa hingga pencanangan berbagai inovasi. “Semuanya dilakukan untuk menumbuhkembangkan minat baca dan mengoptimalkan keberadaan perpustakaan desa. Ini membutuhkan perhatian lebih dari seluruh pihak,” katanya.

Sementara Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan, perpustakaan yang represenatif dan didukung dengan koleksi buku yang lengkap, diharapkan akan memotivasi para pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum.

“Pemanfaatan dan keberadaan perpustakaan perlu terus distimulasi karena menjadi salah satu sarana prasarana penunjang dalam peningkatan kualitas pendidikan,” jelas Sri Purnomo saat membuka Acara Gemilang Perpustakaan Dalam Rangka Memperingati Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung perpustakaan di Pendopo Rumah Dinas Bupati.

Pencanangan September sebagai Bulan Gemar Membaca dan tanggal 14 September diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan diharapakan dapat meningkatkan budaya gemar membaca bagi masyarakat. Salah satu upaya untuk meningkatkan gerakan tersebut, akan digelar workshop dengan materi Kebijakan Pengembangan Budaya Gemar Membaca di DIY dan motivasi pengelolaan perpustakaan dan Budaya Gemar Membaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya