SOLOPOS.COM - Upaya pengangkatan jenazah dari lokasi kejadian Rabu (20/3/2013). Medan yang licin dan becek membuat proses evakuasi berjalan lambat.(JIBI/Harian Jogja/Gilang Jiwana)

 


Upaya pengangkatan jenazah dari lokasi kejadian Rabu (20/3/2013). Medan yang licin dan becek membuat proses evakuasi berjalan lambat.(JIBI/Harian Jogja/Gilang Jiwana)

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

GUNUNGKIDUL — Pendidikan dasar speleologi yang dilakukan Himpunan Kegiatan Speleologi Indonesia (Hikespi) mendapatkan sorotan tajam dari berbagai pihak karena tidak mengantongi izin pelaksanaan kegiatan yang jelas. Bahkan warga setempat yang rumahnya dijadikan lokasi Basecamp pun mengaku tidak mengetahui latar belakang kegiatan itu.

Menanggapi izin yang tidak sesuai dengan kenyataan itu, Presiden Hikespi Cahyo Alkantana mengatakan pihaknya sudah melakukan izin sesuai prosedur.

Meski begitu, Cahyo mengakui pihaknya tidak mencantumkan semua gua yang akan dijelajahi. “Gua-gua itu sudah seperti halaman rumah kami, jadi kami merasa bisa melakukan kegiatan disana seperti biasa,” tambahnya.

Kapolsek Semanu AKP Sunu Pranowo. Sunu mengatakan, saat dikabari ada upaya evakuasi di gua vertikal, jajarannya langsung menuju ke gua Jomblang. Menurutnya, surat izin yang masuk ke kantor hanya kegiatan di gua Jomblang. “Saya sudah sampai sana tidak ada siapa-siapa,” katanya.

Bahkan Sunu mengatakan, setelah itu pihaknya langsung menyebar di beberapa lokasi gua di Semanu untuk menelusuri lokasi kejadian. “Saya cek Ngingrong tidak ada juga, akhirnya dapat informasi dari warga kalau kejadian di Seropan II,” katanya.

Ketika mengonfirmasi ke perangkat desa setempat, Sunu juga mengatakan perangkat desa juga tidak mengetahui ada kegiatan yang dilakukan di gua Seropan II.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya