SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

SEMANU-Dinas Kebudayaan dan Kepariwisata (Disbudpar) Gunungkidul menyatakan Gua Seropan 2, Sepeng, Pancarejo, Semanu bukan tempat wisata. Dinas melihat tempat itu adalah kubangan yang diperuntukan untuk menampung air bersih bagi warga sekitar.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

“Seropan belum untuk wisata” ujar Wijang Eka Aswarna, Kabid Pemasaran dan Produk Wisata Disbudpar Gunungkidul, Kamis (21/3/2013).

Ia mengungkapkan ketiga korban meninggal di gua tersebut bukanlah wisatawan, melainkan peserta pendidikan susur gua. Saat kejadian berlangsung, terjadi akumulasi air yang masuk ke dalam gua baik dari aliran sungai maupun air hujan.

Menurutnya, secara umum karekteristik gua di Gunungkidul terbentuk dari aliran sungai. Hal inilah yang perlu diwaspadai saat terjadi hujan.

“Pemandu gua biasanya sudah memahami bila cuaca mendung seperti di Kalisuci, pemandu harus berani menolak. Apalagi jika hujan, semua demi keselamatan” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya