SOLOPOS.COM - Petugas mengukur arca Ganesha yang ditemukan di Banguntapan, Bantul, Rabu (31/7/2013).

Petugas mengukur arca Ganesha yang ditemukan di Banguntapan, Bantul, Rabu (31/7/2013).

Harian Jogja.com, BANTULPenemuan arca berbentuk gajah duduk (ganesha) di Dusun di Dusun Ironayan, Desa Baturetno, Kecamatan Banguntapan, Bantul, terus mengundang perhatian dan rasa penasaran warga.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Hingga Rabu (31/7/2013), warga dari wilayah Banguntapan dan sekitarnya yang penasaran, masih berdatangan untuk melihat dari dekat arca yang diduga peninggalan zaman kerajaan Mataram Hindu pada abad ke-9 dan ke-10 itu.

Bahkan pada Rabu pagi, tersiar kabar arca itu diincar bahkan siap digondol pencuri. Menurut Sutanto, warga Dusun Ironayan yang rumahnya persis berada di tempat penemuan arca menyatakan, pada Rabu pagi santer tersiar kabar ada orang yang bakal mencuri benda purbakala itu.

“Dengar dari warga katanya orang ada yang bilang cepat diamankan patungnya sebelum ketahuan yang lain, tapi enggak tahu itu siapa,” ujarnya.

Dari identifikasi, patung itu berukuran tinggi 140 centimeter dengan diameter 65 centimeter. Bagian belakang tubuh patung sebagian pecah serta tangan patung sebelah kanan sudah putus terkena alat barat saat ditemukan, Selasa (30/7/2013).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya