SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Foto Ilustrasi Pendataan Kartu Miskin
JIBI/Harian Jogja/Antara

JOGJA—Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sistem Real Time Online (RTO) melakukan pendataan calon pendaftar yang menggunakan fasilitas Kartu Menuju Sejahtera (KMS).

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Anehnya, dari para pemegang KMS yang termasuk kategori keluarga miskin ini, banyak yang datang dengan menggunakan kendaraan sepeda motor. Bahkan, tempat parkir di halaman depan gedung Dinas Pendidikan Kota Jogja menjadi penuh oleh sepeda motor, sehingga sebagian dari sepeda motor diarahkan parkir di tepi jalan Hayam Wuruk depan kantor Dinas.

Ratna, salah satunya. Ibu yang mengantar anaknya, Fristia Debi untuk pendataan KMS ini datang dengan sepeda motor, berboncengan dengan dua anaknya.

“Naik Sepeda motor, tapi pinjam,” katanya, tanpa memberikan keterangan lebih lanjut dari siapa ia meminjam kendaraan tersebut.

Hal serupa juga diungkapkan Ika Susanti, yang mengantar anaknya Bagas Hernawan untuk pendataan. Warga Purbayan Kotagede itu mengakui terpaksa meminjam sepeda motor dari tetangganya. “Ini tadi pinjam sebentar untuk ke kantor Dinas. Setelah pulang nanti dikembalikan,” katanya.

Ika Susanti mengungkapkan dirinya adalah janda, dan memiliki dua anak. Selain Bagas yang baru lulus SD, ada adiknya yang masih balita. Ika sendiri mengaku sebagai ibu rumah tangga dan masih memiliki anak kecil, tidak bisa bekerja. “Pengen kerja, tapi yang bisa dikerjakan sambil mengasuh anak. Sampai sekarang belum dapat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya