SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi penanggulangan huru-hara. (JIB/Solopos/Dok.)

Pengamanan Natal di DIY, Kapolda menyebutkan belum ada ancaman teror

Harianjogja.com, SLEMAN- Kepala Polda Daerah Istimewa Yogyakarta Brigadir Jenderal Polisi Erwin Triwanto menyatakan hingga saat ini belum terdeteksi adanya ancaman teror terkait perayaan Natal dan Tahun Baru 2016 di wilayah hukum setempat.

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

“Hingga saat ini di wilayah kita di DIY belum terdapat ancaman teror, khususnya menjelang Natal dan Tahun Baru,” kata Erwin Triwanto di Sleman, Rabu (23/12/2015).

Meski demikian, pihaknya tetap meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kami sudah memetakan wilayah mana saja yang rawan gangguan kamtibmas,” katanya.

Ia mengatakan, dalam proses pengamanan perayaan Natal nanti, pihaknya telah memetakan titik-titik rawan di beberapa kawasan yang sebelumnya pernah terjadi konflik.

“Wilayah rawan tersebut meliputi Kota Yogyakarta terdapat sebanyak tujuh titik rawan, Kabupaten Sleman ada 14 titik rawan, Bantul tujuh titik, Kulon Progo enam titik dan Kabupaten Gunung Kidul lima titik,” katanya, seperti dikutip dari Antara.

Erwin mengatakan, untuk pengamanan malam pergantian tahun pihaknya akan menempatkan anggota di titik rawan macet serta di kawasan yang menjadi konsentrasi massa seperti di lokasi objek wisata.

“Lokasi-lokasi tersebut di antaranya di Kota Yogyakarta ada 11 titik, Sleman 17 titik, Bantul 22 titik serta Gunung Kidul dan Kulon Progo masing-masing satu titik,” katanya.

Ia mengatakan, peran dari intelijen dan Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) menjadi garda terdepan di samping Satuan Lalu Lintas.

“Ini karena dinamika pergerakan orang pada saat liburan baik di tempat-tempat ibadah maupun objek wisata,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya