SOLOPOS.COM - Apel gabungan aparat Polres Madiun dan instansi pendukung menjelang Hari Natal 2015. (Tribratanews.my.id)

Pengamanan Natal di Bantul, personel polisi disiagakan di titik-titik kepadatan

Harianjogja.com, BANTUL- Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menerjunkan sekitar 750 personel untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2016 dalam Operasi Lilin 2015.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Kepala Polres (Kapolres) Bantul, AKBP Dadiyo di Bantul, Rabu (23/12/2015) mengatakan, selain 750 personel pokok yang terjunkan, pihaknya masih akan mendapat bantuan pengamanan personel dari Kepolisian Daerah (Polda) DIY maupun instansi lain di Bantul.

“Untuk kerawanan kita antisipasi seluruh kegiatan yang ada, pusat perbelanjaan, tempat-tempat wisata dan gereja akan jadi perhatian pengamanan kita,” kata Kapolres, seperti dikutip dari Antara.

Menurut dia, ratusan personel kepolisian tersebut akan disiagakan di sejumlah titik-titik yang dimungkinkan dipadati masyarakat, termasuk di sejumlah pos pengamanan yang telah dibentuk di tiga titik diantaranya di Pasar Seni Gabusan, Parangtritis, dan juga Gereja Ganjuran.

Kapolres mengatakan, seluruh personel kepolisian sektor (polsek) juga akan disiapkan untuk melakukan pemantauan, kemudian guna mengantisipasi terhadap potensi aksi terorisme juga dilakukan dengan mengerahkan personil intelejen.

“Untuk aksi-aksi tersebut sekecil apapun kita antisipasi dari intelejen untuk deteksi dini, dan juga unit lain seperti dengan giat patroli,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Polres Bantul, Kompol Luthfi mengatakan jalannya Operasi Lilin akan berlangsung hingga 2 Januari 2016, dan akan bersinergi dengan unsur-unsur terkait seperti dari TNI, LSM, dan juga instansi pemerintahan.

Menurut dia, selain fokus pada pengamanan di tempat ibadah Natal, jalur wisata juga perlu diamankan agar tidak terjadi gangguan keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas) juga arus lalu lintas berjalan lancar.

“Kita juga fokus tempat wisata khususnya pantai, kita harap tidak ada lagi korban kecelakaan laut. Di sisi lain kita juga melibatkan unsur masyarakat yang ingin membantu pengamanan natal dan tahun baru,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya