SOLOPOS.COM - Pengunjung menikmati suasana pedestrian Malioboro. (Istimewa)

Solopos.com, JOGJA — Keberadaan pengamen di kawasan Malioboro sudah dalam taraf meresahkan. Hal ini karena banyak pengamen yang kerap kali meminta uang kepada wisatawan dengan cara memaksa.

Atas kondisi itu, Penjabat Wali Kota Jogja, Singgih Raharjo, meminta wisatawan yang terganggu dengan keberadaan pengamen itu bisa menyampaikan keluhannya secara langsung melalui akun Instagramnya.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

“Saya minta oknum pengamen itu difoto kalau memaksa dan diadukan ke kami, [supaya bisa di identifikasi dan klarifikasi], boleh DM [direct message] ke saya [melalui Instagram],” katanya di kompleks Kepatihan, Kamis (15/6/2023).

Menanggapi banyaknya keluhan dari wisatawan itu, lanjut Singgih, Pemkot Jogja telah berkoordinasi dengan UPT Pengelolaan Kawasan Cagar Budaya Kota Jogja untuk dapat melakukan penanganan terhadap pengamen yang memaksa wisatawan di kawasa Malioboro.

Sejauh ini UPT Pengelolaan Kawasan Cagar Budaya Kota Jogja telah melakukan penyitaan alat musik yang digunakan para pengamen. Menurut Singgih, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan evaluasi atas penanganan tersebut.

Selain itu, menurut Singgih regulasi terkait dengan penataan Kawasan Malioboro terkait pun akan dievaluasi.

“Jadi kami akan evaluasi peraturan wali kotanya, kalau itu tidak efektif, ya akan kita coba bagaimana supaya menimbulkan efek jera,” katanya.

Menurut Singgih, sejumlah langkah tersebut akan dilakukan dengan harapan dapat menimbulkan efek jera pada pengamen tersebut.

“Sebetulnya kami lebih senang kalau muncul kesadaran, tetapi kalau memang dibutuhkan dengan penyesuaian agar mereka mengerti, wisatawan juga harus di edukasi, ini jadi bagian yang kita evaluasi secara bersama-sama,” ujar dia.

Evaluasi terkait dengan penanganan pengamen di Kawasan Malioboro serta evaluasi terkait dengan regulasi penataan kawasan Malioboro pun menurut Singgih akan dilakukan pembahasan akhir minggu ini.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Banyak Pengamen Memaksa Minta Uang di Kawasan Malioboro, Pemkot: Foto Orangnya, Sampaikan ke Instagram Kami!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya