SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/dok)

Kendati akses menuju berada di wilayah Bantul, namun jalan tersebut milik Pemerintah Daerah DIY.

Harianjogja.com, BANTUL-Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul akan memasang rambu jalan di kawasan Imogiri sampai Dlingo, untuk menunjang akses dan kelancaran lalu lintas menuju objek wisata (obwis) setempat.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Kepala Dishub Kabupaten Bantul Aris Suharyanta pada Senin (27/2/2017) mengungkapkan, pihaknya sudah mengajukan 47 rambu ke Dishub Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pasalnya, kendati akses menuju berada di wilayah Bantul, namun jalan tersebut milik Pemerintah Daerah DIY.

Ia mengatakan, Dishub DIY telah menyanggupi pengajuan usulan pemasangan rambu pada tahun ini. Namun Dishub kemudian meminta agar rambu bisa dipasang sebelum Lebaran 2017 tiba. Mengingat, berdasarkan pengalaman libur Lebaran tahun sebelumnya, sejumlah destinasi wisata di wilayah perbukitan Dlingo seperti Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus Mangunan dan Puncak Becici dipadati wisatawan dari berbagai daerah.

Munculnya tren berswafoto kemudian mengunggahnya ke media sosial, justru menjadikan pengunjung mengenalkan dan
mempromosikan objek wisata secara efektif.

“Sehingga banyak orang penasaran dan ingin berwisata ke kawasan objek wisata tersebut. Maka itu perlu diantisipasi dengan melengkapi rambu-rambu di sepanjang jalur tersebut,” lanjutnya.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul Agus Jaka Sunarya mengatakan, rambu jalan yang diusulkan untuk dipasang di jalur Imogiri-Dlingo, antara lain rambu pendahulu penunjuk jalan (RPPJ), petunjuk jalan naik, jalan turun, petunjuk belok, dan petunjuk jurang.

Salah seorang warga Kelurahan Giwangan, Kota Jogja yaitu Prejianto mengatakan, dirinya sudah berulang kali mengunjungi sejumlah objek wisata di Dlingo Bantul. Ia menyatakan, rambu maupun petunjuk jalan yang terpasang di sepanjang jalur itu masih minim, dan perlu dilakukan penambahan. Agar membantu wisatawan menuju obwis di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya