SOLOPOS.COM - DUKUNGAN -- Mural bertema dukungan atas status istimewa DIY terlihat di salah satu sudut jalan di Kota Jogja beberapa waktu lalu. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Penggunaan danais, terkhusus mengenai pelaporan membuat seniman kebingungan.

Harianjogja.com, BANTUL- Seniman di Bantul kelimpungan mempertanggungjawabkan penggunaan dana keistimewaan (danais). Tahun ini sebanyak Rp20 miliar danais dikucurkan ke Bantul untuk kegiatan seni budaya.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Seniman sekaligus mantan Ketua Dewan Kebudayaan Bantul (DKB) Sumaryono mengatakan hampir seluruh pelaku kesenian dan kebudayaan di Bantul kesulitan mempertanggungjawabkan penggunaan danais. Sebab mereka tidak terbiasa bergelut dengan laporan administrasi dan angka.

“Seniman itu kan tahunya yang penting bagaimana tampil bagus, kalau management dan administrasi banyak enggak tahu,” ungkap Sumaryono, Selasa (3/2/2015) di sela-sela acara sarasehan kebudayaan yang digelar di pendapa rumah dinas Bupati Bantul.

Di Bantul tercatat sebanyak 1.200 kelompok kesenian belum termasuk kelompok-kelompok warga di pedusunan yang biasa menggelar upacara adat. Dari jumlah tersebut, Sumaryono menyebut tidak sampai 50% yang menguasai manajemen dan administrasi keuangan danais.

Padahal sejak danais dikucurkan sekitar 2013, sudah banyak seniman menikmati dana tersebut. “Bahkan untuk kegiatan massal yang melibatkan ratusan seniman anggaran yang digunakan hingga ratusan juta,” jelasnya lagi.

Seniman kata dia sangat membutuhkan bimbingan dalam pengelolaan dan pelaporan penggunaan danais. Apalagi penggunaan danais diatur dengan rigid serta dipantau oleh pemerintah pusat. “Rigid itu misalnya honor untuk seniman itu disamaratakan, padahalkan great nya seniman senior beda honornya,” paparnya lagi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul Bambang Legowo mengatakan, tahun ini ada sebanyak Rp20 miliar danais yang dikucurkan ke Bantul. Sebanyak Rp18 miliar diantaranya dikelola Dinas Pariwisata.

Sementara tahun lalu, dari total Rp12,8 miliar danais yang dikelola Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, hanya mampu digunakan sebesar 47%. “Salah satu penyebab minimnya dana yang dicairkan karena kurangnya sumber daya manusia dan waktu pencairan danais juga sudah mepet tidak dari awal tahun,” jelas Bambang Legowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya