SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Kamar Hotel JIBI/Bisnis Indonesia/Endang Muchtar

Foto Ilustrasi Kamar Hotel
JIBI/Bisnis Indonesia/Endang Muchtar

Harianjogja.com, JOGJA—Pesatnya pembangunan penginapan atau hotel di Kota Jogja merambah hingga Jeron (Dalam) Beteng. Penginapan berupa homestay terus menjamur.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Kecamatan Kraton mencatat setidaknya ada empat homestay yang aktif menawarkan pada wisatawan yang terletak di lingkungan Kraton Jogja, yakni dua di Jalan Sawojajar, Wijilan dan dua lainnya di Jalan Panembahan, Wijilan.

Secara terang- terangan sebagian dari mereka mengiklankan secara online. Wijilan Guest House Yogyakarta misalnya. Informasi keberadaan penginapan itu mudah didapat setelah pemilik mengunggah layanannya ke dalam webblog gratisan 14 Maret 2013.

Kepada Harian Jogja, Mila, pemilik penginapan itu mengaku baru menjalani usaha itu pada awal tahun ini. Rumah warisan itu ia manfaatkan untuk mencari nafkah setelah mereka tak memiliki pekerjaan lagi di Jakarta.

Mila mengetahui jika dalam paugeran Kraton, wilayah Jeron Beteng tidak boleh didirikan hotel atau sejenisnya. Ia menengarai peraturan itu tak berlaku lagi karena banyak homestay lebih dulu ada. “Lagi pula lokasi homestay kami tak menambah kemacetan,” katanya, Minggu(14/7/2013).

Lokasi Wijilan Guest House berada di Jalan Panembahan. Dari kompleks penjual makanan tradisional gudeg terus ke selatan, ambil kiri pada belokan pertama. Wijilan Guest House berada di gang tersebut. Karena bangunan yang tidak terlihat itu, Mila mengaku tak melengkapi usahanya dengan izin apapun.

Homestay yang lebih dulu ada misalnya adalah Ndalem Gamelan. Seorang pengurus hotel itu mengatakan bangunan itu dipakai sebagai homestay sekitar tujuh tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya