SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pengumuman kelulusan SD dimajukan sepekan

Harianjogja.com, JOGJA-Jadwal pengumuman kelulusan Ujian Sekolah/Madrasah Ibtidaiyah (US/M) 2016 dilakukan pada Sabtu (11/6/2016) pukul 10.00 WIB, waktu tersebut lebih awal daripada jadwal yang seharusnya, yakni 18 Juni 2016.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta (Disdikpora DIY) Kadarmanta Baskara Aji pada Rabu (8/6/2016) mengatakan, majunya jadwal ini dikarenakan pengolahan hasil nilai US/M dan nilai sekolah atau madrasah sudah siap untuk diumumkan.

Ia menuturkan, pengumuman ini dilakukan bersamaan dengan penyelenggaraan pengumuman kelulusan Ujian Nasional (UN) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Aji mengaku masih belum bisa menyampaikan gambaran umum nilai US/M.

Sebelumnya, ia berharap hasil Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) dapat mencerminkan kondisi pendidikan dasar di DIY. Karena meskipun bukan menjadi penentu kelulusan, tapi nilai US/M itu akan dipakai untuk masuk ke jenjang berikutnya yakni SMP/Madrasah Tsanawiyah lewat jalur Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Ia menambahkan, tujuan memajukan waktu pengumuman ini adalah untuk memberikan kesempatan yang lebih lama kepada siswa dan orangtua untuk bisa mempertimbangkan sekolah anak-anak mereka, sesuai hasil ujian.

Harapan Aji, orang tua dan siswa yang akan mencari sekolah menyesuaikan hasil yang tergambar dari US/M. Kegiatan PPDB di DIY, tentunya dengan kebijakan masing-masing Kabupaten atau Kota akan diselenggarakan secara online.

Disdikpora sendiri yang membuat surat edaran untuk tatakala PPDB serta ketentuan menggunakan hasil US/M sebagai satu-satunya indikator untuk masuk SMP, dan bagi calon siswa Sekolah Menengah Atas/Kejuruan akan menggunakan hasil nilai UN SMP.

Selain itu, Aji juga mengimbau agar anak-anak tidak merayakan kelulusan secara berlebihan, dan lebih baik dipersiapkan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan setelahnya.

“Kami juga telah menyampaikan kepada Kepala Sekolah bahwa perhelatan perayaan wisuda atau pelepasan siswa, adalah sebuah momentum mengumumkan kelulusan siswa, diimbau untuk dilaksanakan hanya dalam satu hari saja, yakni pada Sabtu menggunakan pakaian daerah,” kata dia.

US/M tingkat SD/MI 2016 DIY ini diselenggarakan pada 16-18 Mei 2016. Peserta US/M berjumlah 49.675 siswa SD/MI di 1.989 sekolah dan 52 siswa SDLB di 21 sekolah. Kesemuanya merupakan ujian nasional berbasis kertas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya