SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BANTUL – Penerapan kenaikan tarif masuk pantai selatan (pansela) Kabupaten Bantul akan dimulai bulan depan. Nantinya wisatawan bisa menikmati seluruh pantai selatan Bantul dengan cukup membayar tiket terusan.

Plt. Keplaa Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, mengatakan pada 6 Maret 2024 telah dilakukan harmonisasi peraturan Bupati Bantul mengenai tiket sekali masuk pantai selatan.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

“Prinsipnya nanti ada kenaikan tarif, tetapi nanti kami buka pantai secara all in one,” kata dia, Kamis (7/3/2024).

Dia menuturkan kebijakan tersebut diambil untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat berwisata di pantai Bantul. Selain itu dilakukan untuk mendorong lama tinggal atau length of stay wisatawan di Bantul.

“Dengan tiket naik, tetapi kami berikan layanan ke seluruh pantai. Harapannya tidak hanya ke satu pantai, lalu pergi dari Bantul, tetapi bisa berlama-lama di Bantul, aspek ekonominya nanti juga bisa jalan,” jelas dia.

Dia menyampaikan hal tersebut pun diharapkan dapat meningkatkan usaha pariwisata masyarakat Bantul. Nantinya, tiket terusan pansela akan menjadi Rp15.000 per orang dari sebelumnya Rp10.000 per orang.

Dia menyampaikan pelayanan Pansela sebelumnya terdiri dari pantai selatan blok barat dan timur. Nantinya, akan dijadikan satu blok pada 2024. Sementara tahun depan, kebijakan tersebut akan kembali dikaji.

Heru menuturkan ke depan meski TPR Parangtritis akan dipindah, tetapi pembelian tiket di satu tempat dapat digunakan untuk mengakses ke pantai lainnya.

Lebih lanjut, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bantul tahun 2024 mencapai Rp49 miliar. Meski begitu, karena kenaikan tarif dimulai pada April 2024, maka Dispar Bantul memperkirakan hanya akan mencapai Rp35-Rp40 miliar. Jumlah PAD tersebut pun meningkat dari tahun 2023 yang mencapai Rp26 miliar.

Perhitungan tersebut dipatok berdasarkan perkiraan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pansela sekitar 3-4 juta dalam setahun.

“Kalau nanti kita naikkan [tarif Pansela] harapannya pendapatannya mendekati, sesuai target yang diharapkan,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Catat! Tiket Terusan Pansela Bantul Berlaku Mulai Bulan Depan, Tarifnya Rp15 Ribu Per Orang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya