SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dokumen)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dokumen)

SLEMAN—Kabupaten Sleman kembali merasakan peningkatan hasil Ujian Nasional (UN) tahun ini khususnya jenjang SMP. Dari 12.840 peserta UN hanya 10 siswa yang tidak lulus atau sekitar 0,008 % dengan nilai rata-rata 26,03.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Kepala Disdikpora Sleman, Arif Haryono kepada Harian Jogja menjelaskan kesepuluh siswa itu nantinya direkomendasikan mengikuti Ujian Nasional Paket Kesetaraan (UNPK) Paket C pada bulan Juni 2013.

Jika tidak bersedia memperoleh ijazah kesetaraan maka diberikan kesempatan mengulang selama setahun. Menurutnya, 10 siswa yang tidak lulus itu berasal dari beberapa sekolah di Sleman baik dari pinggiran maupun perkotaan. Hanya saja ia tidak bisa menyebutkannya sebelum pengumuman digelar.

Menurutnya, data kelulusan tahun ini meningkat tajam dibanding tahun 2012 lalu. Yakni dari 12.774 peserta terdapat 67 siswa atau 0,52 persen yang tidak lulus tahun lalu tetapi 2013 ini hanya 10 siswa yang tidak lulus. Dengan demikian Sleman kembali memperoleh runner up di bawah Kota Yogyakarta.

“Untuk peringkat rata-rata propinsi memang kami berada di urutan kedua,” terang Arif saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (31/5/2013).

Arif menambahkan pengumuman hasil UN SMP akan dilakukan masing-masing sekolah pada Sabtu (1/6/2013) sekitar pukul 10.00 WIB. Teknis pengumuman sepenuhnya diserahkan tiap sekolah. Meski hanya jenjang SMP, phaknya tetap mengimbau tiap sekolah agar mampu mengendalikan siswanya dalam merayakan kelulusan. “Sebaiknya jangan corat-coret, jangan ikut-ikutan seperti anak SMA lalu,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya