SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pengumuman UN SMP akan dilakukan Jumat (2/6/2017)

Harianjogja.com, JOGJA – Pengumuman Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP sederajat dilakukan secara serentak, Jumat (2/6/2017). Di DIY hasil UNBK mulai menunjukkan pemerataan kualitas pendidikan telah terjadi hampir di semua wilayah, bahkan hingga pelosok daerah. Sekolah-sekolah yang berada di daerah mulai menunjukkan performa untuk memperlihatkan prestasi nilai dalam UN.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Tapi memang masih harus diakui rekor nilai rata-rata berdasarkan wilayah  masih dipegang sekolah di Kota Jogja. Hasil UNBK 2017 ini, Kota Jogja berada di urutan teratas dengan capaian rata-rata 271,65 dari total peserta sebanyak 8.168 siswa. Sleman berada di urutan kedua dengan total nilai rata-rata 255,65 dari 14.560 peserta ujian.

Kemudian Bantul di urutan ketiga dengan capaian rata-rata 247,55 dari peserta sebanyak 12.576 siswa. Kulonprogo berada di posisi keempat dengan hasil nilai rata-rata 240,58 dari 5.838 peserta ujian. Terakhir Gunungkidul menjadi wilayah yang paling terpuruk bahkan margin  nilai rata-rata dengan empat wilayah lainnya di DIY terpaut sangat jauh. Dari sebanyak 9.881 peserta ujian, para siswa di Bumi Handayani hanya bisa mempersembahkan nilai rata-rata 224,38.

“Kota Jogja masih tinggi karena jumlah pesertanya kan lebih sedikit dari Sleman yang nilainya tidak terpaut jauh dengan Bantul dan Kulonprogo. Tapi ini sudah menunjukkan ada pemerataan kualitas pendidikan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Kadarmanta Baskara Aji dalam sesi jumpa pers pengumuman hasil UNBK SMP di kantor setempat, Kamis (1/6/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya