SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Kurniyanto Pengunjung berfoto di salah satu karya yang dipamerkan dalam bursa seni rupa ART JOG 2013 di Taman Budaya Yogyakarta (TBY).

JIBI/Harian Jogja/Kurniyanto
Pengunjung berfoto di salah satu karya yang dipamerkan dalam bursa seni rupa ART JOG 2013 di Taman Budaya Yogyakarta (TBY).

Harian Jogja.com, JOGJA – Panitia bursa seni rupa ART JOG mulai tahun depan berencana akan memberlakukan tiket masuk bagi penonton yang berniat menyaksikan karya seni rupa tahunan itu.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Upaya ini akan dilakukan setelah mempertimbangkan perhelatan ART JOG 2013 yang berlangsung di Taman Budaya Yogyakarta (TBY) pada 6 – 20 Juli 2013 lalu dibanjiri penonton.

“Kami sudah mulai berpikir bagaimana cara untuk menekan pengunjung ART JOG yang datang karena kewalahan. Apalagi ruangan pameran [TBY] tidak terlalu besar, tentu hal ini membuat pengunjung berdesak desakan sehingga tidak bisa menyaksikan karya dengan leluasa,” ujar Riki Zoelkarnain, Exhibition ART JOG 2013, Minggu (21/7/2013).

Kegiatan ART JOG 2013 berlangsung selama dua pekan. Panitia mencatat setidaknya ada 30.000 pengunjung yang datang. Jika dikalkulasi rata rata, setiap hari ada 1.500 pengunjung yang datang.

Jumlah itu meningkat dibanding perhelatan ART JOG 2012 yang hanya berjumlah 25.000 pengunjung dengan rataan sehari sebanyak 500 pengunjung yang datang.

“Padahal tahun kami enggak iklan di TV dan tidak memasang ART JOG di papan iklan seperti ART JOG 2012 lalu. Tahun ini kami murni hanya menggunakan jejaring sosial dan ternyata itu efektif,” papar Riki.

Pengunjung yang datang itu, kata dia sebagian besar memang murni hendak menikmati suguhan karya yang dipamerkan. Namun tidak sedikit diantaranya datang hanya untuk sekedar berfoto foto dengan kerabat atau sanak saudara mereka menggunakan latar karya ART JOG 2013.

“Bahkan saking ramainya, mereka tidak bisa menyaksikan karya dengan nyaman karena terhalang pengunjung lainnya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya