SOLOPOS.COM - Deretan payung peneduh yang disewakan tampak sepi pengunjung di Pantai Siung, Gunungkidul, beberapa waktu lalu. Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memperpanjang penutupan seluruh destinasi wisata sesuai dengan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 30 Agustus 2021. (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Solopos.com, JOGJA — Dalam mencegah kemacetan saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta telah menyiapkan sejumlah skenario untuk membatasi jumlah pengunjung di destinasi wisata.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, mengatakan koordinasi lintas sektor telah menyepakati pembatasan jumlah wisatawan pada setiap destinasi wisata. Selain untuk pemerataan, upaya itu sekaligus mencegah penumpukan jumlah wisatawan di sejumlah destinasi.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

“Langkah yang kami lakukan adalah memeratakan event dalam rangkaian libur Nataru,” katanya, Jumat (16/12/2022).

Singgih menuturkan pembatasan dilakukan sesuai dengan kapasitas setiap destinasi wisata. Selain itu, pengelola wisata diminta menyediakan fasilitas untuk memastikan daya dukung lingkungan suatu destinasi wisata termasuk memadai.

Menurut dia, jangan sampai objek wisata kelebihan kapasitas yang berdampak pada kemacetan atau kepadatan arus serta menjadikan wisatawan tidak nyaman.

Baca Juga: Tugu Jogja Expo Dihentikan Permanen, Penyelenggara Bakal Gugat Pemkot

Selain memecah event di sejumlah destinasi secara menyebar, Dispar DIY membuat sejumlah informasi rekomendasi bagi wisatawan agar memiliki sejumlah pilihan dalam merayakan libur Nataru. Informasi tersebut diharapkan menjadi petunjuk bagi wisatawan yang berlibur di Jogja.

“Misalnya seperti event di Breksi dari sore ada pementasan diakhiri wayang kulit. Kemudian di Wediombo ada surfing,” katanya.

Singgih mengatakan petugas akan memberikan berbagai informasi terkait layanan bagi wisatawan.

Baca Juga: Yogyakarta Diperkirakan Padat saat Libur Nataru, 1 Juta Kendaraan Bakal Masuk

“Melalui pos kami akan memantau untuk melihat bagaimana kapasitas suatu destinasi wisata. Ketika satu destinasi sudah penuh, wisatawan dialihkan ke destinasi terdekat,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul DIY Siapkan Skenario Pemerataan Pengunjung di Destinasi Wisata Saat Nataru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya