SOLOPOS.COM - Tim Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X pada Jumat (28/6/2024) memeriksa temuan arca ganesha di Sayidan, Sumberadi, Mlati. (Harian Jogja // Catur Dwi Janati)

Solopos.com, SLEMAN – Pekerja proyek menemukan arca Ganesha saat sedang menggali tanah untuk fondasi pembangunan rumah di Sayidan, Sumberadi, Mlati, Kabupaten Sleman. Saat ini, penemuan arca tersebut telah ditangani Tim Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X.

Para pekerja proyek itu menemukan arca Ganesha saat menggali tanah untuk fondasi bangunan rumah pada Rabu (26/6/2024). Kemudian, pada Kamis (27/6/2024), arca tersebut diamankan sementara di rumah warga.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Tim Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X yang memeriksa arca tersebut memastikan bahwa patung tersebut merupakan arca Ganesha yang erat dengan agama Hindu.

“Kami identifikasi sebagai arca Ganesha, kalau Ganesha itu kan salah satu dewa dalam agama Hindu. Jadi kemungkinan latar belakang sesuatu yang tadi ditemukan di lahan Bu Musliha [pemilik lahan], latar belakang agama Hindu dari dewa-dewanya,” kata Pamong Budaya Ahli Muda Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X, Wardiyah, Jumat (28/6/2024).

Meskipun erat kaitannya dengan agama Hindu, Wardiah belum mengetahui apakah lokasi tempat penemuan arca Ganesha merupakan area tempat ibadah.

“Yang pasti kalau dewa ya pasti ada unsur peribadatan ya, enggak usah jauh-jauh dari situ lah. Karena dia dewa,” katanya.

Dari hasil pemeriksaan Tim Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X, arca Ganesha yang ditemukan memiliki tinggi sekitar 84 sentimeter, lebar 64 sentimeter, dan panjang 44 sentimeter. Kendati demikian Wardiyah belum bisa memastikan arca ini berasal dari abad ke berapa.

“Kalau abad berapa kami belum bisa ya [mendeteksi], tapi berkembangnya Hindu klasik di Jawa Tengah dan DIY itu kan sekitar paling raya itu abad 8-10 Masehi. Tapi setelah itu atau sebelum itu kan juga bisa,” katanya.

Arca itu dipahat dengan baik dan memiliki atribut yang lengkap. Hanya saja dari empat tangan yang dimiliki Ganesha, dua potongan tangan tidak ditemukan. Satu tangan lainnya patah saat digali pekerja proyek, sedangkan yang lain masih utuh menempel pada tubuh ganesha.

“Sayangnya kami enggak nemu patahan tangannya, kan tangannya empat ya, itu yang kami sayangkan, yang satu patah yang dua belum ketemu. Tapi secara atribut yang digunakan dan dipahat dengan sangat baik,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Penemuan Patung Arca Ganesha di Sleman Erat dengan Unsur Peribadatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya