SOLOPOS.COM - ilustrasi (dok.solopos)

Penjual tanaman hias di Jalan Kebun Raya terancam digusur oleh Pemkot Jogja.

 

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

 

Harianjogja.com, JOGJA — Pemkot Jogja berencana memperlebar Jalan Kebun Raya, Rejowinangun, Kotagede, Jogja. Rencana tersebut bakal mengancam keberadaan para penjual tanaman hias di sepanjang jalan tersebut.

Kepala Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Kota Jogja Totok Suroto mengatakan pelebaran Jalan Kebun Raya sepanjang 700 meter akan dimulai pada Maret mendatang. Pelebaran akan dilakukan di bagian sisi timur dan barat jalan.

Namun, pihaknya perlu memperjelas dahulu batas tanah negara dan tanah milik warga di sepanjang jalan tersebut. Untuk sisi barat sampai batas pagar Gembiraloka Zoo, Totok memastikan tanah itu adalah milik negara, sementara sisi timur masih akan dikoordinasikan dengan Badan Pertanahan Negara (BPN).

“Tahapannya nanti akan dimulai pengukuran oleh BPN untuk memastikan batas persil tanah antara milik rarga dan milik negara,” kata Totok di Kantornya, Senin (25/1/2016).

Rencananya sisi barat jalan akan digunakan untuk jalan dan saluran air hujan atau drainase. Sementara sisi timur, selain untuk jalan, sebagian akan digunakan untuk trotoar. Pelebaran dan penghalusan jalan dimulai dari batas Jalan Kusumanegara (pintu utara Gembiraloka Zoo) hingga Jalan Ki Penjawi.

Totok mengakui di sisi barat jalan terdapat sejumlah pedagang terutama pedagang tanaman hias dan pohon. Karena itu, pihaknya dalam waktu dekat akan berkomunikasi dengan para pedagang tersebut agar pindah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya