SOLOPOS.COM - Prasetyo Adi Pamungkas (kanan) bersama ibundanya, Kamis (4/7/2013). (JIBI/Harian Jogja/Ujang Hasanudin)

Prasetyo Adi Pamungkas (kanan) bersama ibundanya, Kamis (4/7/2013). (JIBI/Harian Jogja/Ujang Hasanudin)

Harianjogja.com,GUNUNGKIDUL—Perih, begitulah yang dirasakan Prasetyo Adi Pamungkas setiap harinya. Anak kelahiran 1 Juni 2000 lalu ini melepuh hampir disekujur tubuhnya. Sepintas mirip luka bakar, namun penyakit yang diderita sejak lahir itu hingga kini belum diketahui.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Keluarga sudah mencoba membawa Adi ke berbagai rumah sakit di Wonosari sampai rumah sakit di Jogja namun tidak ada hasilnya. Pengobatan alternatif pun sudah pernah diupayakan namun kian hari penyakit tersebut malah tambah parah. Akhirnya keluarga yang tinggal di  Dusun Piyaman II RT 04 RW 02, Desa Piyaman, Kecamatan Wonosari ini hanya pasrah.

Dana bantuan program keluarga miskin Rp300 ribu setiap bulannya tidak cukup untuk mengobati Adi. Bahkan tanah halaman depan rumahnya sudah habis dijual untuk kesembuhan anak pasangan dari Nani Indartillah, 44 dan Mujiono, 47.

Dokter di Jogja pernah menyarankan agar Adi dioperasi, namun apa daya, keluarga buruh serabutan ini hanya bisa menangis. Jangankan untuk biaya pengobatan, biaya makan sehari-hari untuk mengidupi keluarganya saja tidak cukup. “Saya ini sudah mubeng kandang [habis-habisan] sampai menjual tanah. Sekarang sudah tidak kuat lagi untuk mengobati,” ucap Mujiono saat ditemui wartawan di rumahnya, Kamis (4/7/2013).

Menurut Mujiono anak keempatnya tersebut jiwanya sehat, hanya penyakit dari kulitnya yang tidak sembuh-sembuh. Penyakit tersebut sudah muncul sejak pertama kali lahir. “Awalnya dulu pas lahir hanya bintik-bintik merah ditangan, lama kelamaan malah merembet ke seluruh tubuh,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya