SOLOPOS.COM - SOSIALISASI—Pemerintah kota Jogja bekerjasama dengan United Celebral Palsy (UCP) Roda Untuk Kemanusiaan dan Disability Right Fund menyelenggarakan sosialisasi hak difabel (penyandang disability), di Ruang Utama Balaikota, Rabu (29/2/2012). (HARIAN JOGJA/Pamuji Tri Nastiti)

JIBI/Harian Jogja/Pamuji Tri Nastiti

JOGJA—Perhatian terhadap penyandang disabilitas perlu diwujudkan dalam berbagai kebijakan dan fasilitas. Menyikapi hal itu, pemerintah kota Jogja bekerjasama dengan United Celebral Palsy (UCP) Roda Untuk Kemanusiaan dan Disability Right Fund menyelenggarakan sosialisasi hak difabel (penyandang disability), di Ruang Utama Balaikota, Rabu (29/2).

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Staf Ahli Bidang Pemerintaahan, Maryoto, mewakili Walikota Jogja, menyampaikan, aksesbilitas pemenuhan warga negara secara layak tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat pada umumnya. “Pelayanan juga perlu dilakukan untuk difabel lewat fasilitas dan kebijakan,” katanya.

SOSIALISASI—Pemerintah kota Jogja bekerjasama dengan United Celebral Palsy (UCP) Roda Untuk Kemanusiaan dan Disability Right Fund menyelenggarakan sosialisasi hak difabel (penyandang disability), di Ruang Utama Balaikota, Rabu (29/2/2012). (HARIAN JOGJA/Pamuji Tri Nastiti)

Lebih lanjut dikatakan, pada dasarnya warga penyandang disabilitas secara nyata menjadibagian masyarakat yang tidak bisa diabaikan. Dengan demikian, keberpihakan bisa dituangkan dalam visi mewujudkan berbagai pelayanan kepada disabilias seperti terwujudnya pendidikan inklusi, adanya fasilitas publik pendukung, dan kebijakan-kebijakan lainnya.

Mewakili UCP Roda Untuk Kemanusiaan, Winarta mengatakan, penyandang disabilitas perlu mendapatkan perhatian. Sebagai individu, penyandang disabilitas memiliki hak untuk beraktivitas. “Diiabilitas perlu ditempatkan sebagai individu yang berdaya dan dapat diberdayakan,” katanya. (sun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya