SOLOPOS.COM - Tersangka Bambang (kiri) menunjukkan sejumlah barang bukti upaya penyelundupan narkoba, Jumat (19/12) di Mapolres Sleman.

Harianjogja.com, SLEMAN – Peredaran narkoba Sleman kali ini dilakukan dengan modus saling bertukar sandal saat persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Sleman pada Selasa (16/12/2014) lalu. Aksi yang dilakukan tahanan kasus narkoba Novianto alias Nopek, 22 dengan kurir bernama Bambang Prasetyo, 21 digagalkan Satresnarkoba Polres Sleman.

Nopek adalah tahanan kasus pelemparan bola tenis isi narkoba yang merupakan warga Ambarukmo, Caturtunggal, Depok, Sleman. Ia masih dalam status tahanan kejaksaan kemudian dititipkan ke Lapas Pakem. Sedangkan Bambang Prasetyo, 21, tercatat sebagai mahasiswa yang tinggal di Joho, Condongcatur, Depok. Ia merupakan kurir yang dugaannya dioperatori narapidana Lapas. Selain keduanya, edar gelap narkoba dengan modus baru ini juga didukung oleh tahanan narkoba lain yakni Rahmad Edi Surono alias Kancil, 21, warga Jalan Barada, Dusun Puren, Condongcatur, Depok.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Kapolres Sleman AKBP Ihsan Amin menjelaskan penyelundupan yang dilakukan komplotan ini dilaksanakan ketika sidang terdakwa Rahmat dan Novianto di PN Sleman. Sekitar pukul 11.00 WIB kedua tahanan diangkut dengan bus tahanan milik Kejaksaan Negeri Sleman dari Lapas Pakem ke PN Sleman.

“Saat tiba di PN, tersangka [Bambang] menghampiri bus untuk mendekati Novianto lalu tersangka memberikan sebungkus rokok sembari berjalan ke ruang sel tunggu tahanan sidang PN Sleman,” terang Ihsan, Jumat (19/12/2014).

Karena timbul kecurigaan, dengan berpakaian preman, anggotanya lalu mengawasi tersangka yang sedang menunggu jadwal sidang terdakwa Novianto. Saat sidang dimulai dan terdakwa masuk ke dalam ruang sidang, tersangka Bambang pun mengikuti persidangan. Bahkan ia duduk berdekatan dengan Novianto. Tak hanya itu, tersangka juga sempat berbisik dengan terdakwa kemudian sembari bertukar sandal. Saat itulah penyelundupan narkoba dilakukan.

“Tersangka berbisik sambil menukarkan sandal gunung karet warna hitam yang dipakainya, itu berisi narkoba,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya