SOLOPOS.COM - Ilustrasi penelitian (JIBI/Solopos/Dok.)

Peran strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia bergantung pada kualitas sumber daya manusia (SDM)

Harianjogja.com, JOGJA – Universitas Gadjah Mada (UGM) mengingatkan pentingnya peran Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) dalam menggerakkan riset di perguruan tinggi.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

“Dalam hal riset, aktor yang berperan bukan hanya dosen atau peneliti. Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) juga menempati kedudukan yang penting dalam menopang kemajuan riset di perguruan tinggi,” ujar Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Suratman dalam Seminar Nasional Pranata Laboratorium Pendidikan Indonesia, di Grha Sabha Pramana UGM seperti dikutip Antara, Kamis (20/10/2016).

Ia menuturkan, bahwa peran strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia bergantung pada kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki oleh perguruan tinggi.

“Jantung ilmu pengetahuan sebagian besar ada di perguruan tinggi. Dan Bapak Ibu bukan sekadar aset fakultas, aset pusat studi, atau laboratorium, tapi sesungguhnya Bapak Ibu adalah aset bangsa ini untuk memperkuat riset dan meningkatkan daya saing bangsa,” ujarnya di hadapan sekitar 400 orang PLP, Laboran, dan Teknisi dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Menurut dia, PLP sendiri merupakan jabatan fungsional pelaksana teknis di bidang pengelolaan laboratorium.

Tugas pokok PLP adalah mengelola laboratorium melalui serangkaian kegiatan perancangan kegiatan laboratorium, pengoperasian peralatan dan penggunaan bahan, pemeliharaan perawatan peralatan dan bahan, pengevaluasian sistem kerja laboratorium, dan pengembangan kegiatan laboratorium baik untuk pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat, jelas Suratman.

PLP, menurut Suratman, bukan hanya menjadi pemeran pembantu dalam penelitian, melainkan memegang peran sebagai salah satu motor yang mendorong riset bersama para peneliti.

Oleh karena itu, diperlukan sebuah roadmap nasional yang merancang pengembangan PLP dalam tahun-tahun mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya