SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Perikanan Bantul masih menghadapi masalah kekurangan benih lokal

Harianjogja.com, BANTUL-Masih banyaknya pembudidaya ikan yang mendatangkan benih ikan dari luar daerah menjadi pekerjaan rumah bagi Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan, dan Perikanan (DPKP) Bantul.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pasca penataan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bantul, DPKP memang dituntut untuk menggenjot persoalan benih ikan tersebut.

Kepala DPKP Bantul Pulung Haryadi mengakui, salah satu upaya yang akan dilakukannya adalah dengan mengenjot peran dari Balai Benih Ikan (BBI).

Sejauh ini, produksi benih ikan dari empat BBI di Bantul, yakni BBI Barongan, BBI Gesikan, BBI Krapyak, dan BBI Pandak mencapai angka sekitar 2,6 juta bibit dari semua jenis ikan.

Pulung menambahkan, jutaan bibit ikan yang diproduksi itu, sebagian besar jenis nila merah yang diperkirakan mencapai 70 persen. Sedangkan sisanya merupakan jenis ikan konsumsi lainnya, seperti nila hitam, tombro, tawes, dan sebagian kecil lele, serta gurami.

“Untuk bibit lele ada. Tapi tidak banyak karena di tengah masyarakat pembenihan ikan lele sudah makin banyak dan mereka sudah tahu, sementara gurami termasuk baru di BBI sehingga belum maksimal,” katanya kepada wartawan, Kamis (5/1/2017) siang.

Terkait hal itu, budidaya lele baik, melalui kolam terpal maupun bus beton akan dikembangkan ditengah masyarakat. Mendukung pengembangan budidaya itu, tak dipungkiri kebutuhan benih ikan yang unggul sangat dibutuhkan.

Untuk itu, produksi benih yang dilakukan BBI akan lebih dimaksimalkan. “Selama ini sudah produksi, tapi masih ada masyarakat yang ambil dari luar, sehingga produksi benih ini akan kita genjot,” ungkapnya.

Sebelumnya, Fahrudin, salah satu pembudidaya ikan air tawar asal Banguntapan mengakui, beberapa benih ikan didapatkannya justru dari BBI luar Bantul. Sebut saja misalnya, beberapa kali ia mendapatkan benih itu dari BBI di Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya