SOLOPOS.COM - Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

UI GreenMetric merupakan pemeringkatan PT pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup yang diikuti PT dari 65 negara.

 

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Harianjogja.com, SLEMAN – Pemeringkatan UI GreenMetric menunjukkan Universitas Atma Jaya Yogyakarta masuk dalam urutan 394 dari 407 perguruan tinggi (PT) di dunia. UI GreenMetric merupakan pemeringkatan PT pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup yang diikuti PT dari 65 negara.

Ketua Pusat Studi Energi UAJY, Albertus Djoko Istiadji mengatakan belum mengetahui secara pasti model penilaian dari UI GreenMetric ini. Namun pihaknya mengaku sudah melakukan sejumlah langkah untuk mewujudkan kampus hijau.

“Kemarin memang sempat ada tim menilai ke sini namun bentuk penilaianny seperti apa kami belum tau. Sebab mereka juga melakukan pengamatan tidak sekadar mendengarkan apa yang sudah kami lakukan. Tapi di luar penilaian ini kami memang sudah berupaya untuk bisa menjadi kampus hijau,” kata Djoko di kantornya, Rabu (27/1).

Djoko mengaku membuat kampus hijau memang agak sulit. Pihaknya mengaku bukan pembuat kebijakan hanya memberikan masukan bagi pembuat kebijakan. Tentunya agar kebijakan yang sudah ada tidak salah arah.

“Kami di sini sebenarnya bukan tim untuk membuat UAJY lebih hijau. Kami hanya melakukan kajian-kajian agar UAJY bisa lebih ramah pada lingkungan,” kata Djoko.

Pria berkaca mata itu mengaku salah satu yang sudah dilakukan UAJY untuk menuju kampus hijau adalah melakukan efisiensi energi. Pihaknya pernah mengusulkan agar mengganti beberapa lampu tubular lamp (TL) dengan Light Emitting Diode (LED).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya