SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo dan istri saat memberikan keterangan pers di Pendapa Royal Ambarrukmo, Sabtu (10/12/2022). (Solopos.com/Wulandari Dwisulistyowati).

Solopos.com, SLEMANKaesang Pangarep dan Erina Gudono sah menjadi pasangan suami istri setelah melangsungkan ijab kabul di Pendapa Ageng, Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

Keluarga Presiden Joko Widodo langsung bertolak ke Solo untuk mempersiapkan serangkaian acara ngunduh mantu di Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12/2022).

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Jokowi menjelaskan semua keperluan untuk acara ngunduh mantu telah dipersiapkan oleh panitia dibantu para menteri.  “Iya semuanya kan sudah dipersiapkan, secara detail oleh panitia, dari keluarga dibantu satu dua oleh menteri. Dibantu sedikit,” kata dia.

Jokowi kemudian menyampaikan alasannya memasukkan Menteri BUMN Erick Tohir sebagai salah satu panitia. Ia mengatakan Erick hanya diminta sedikit membantu untuk keprotokoleran karena memiliki pengalaman manajemmen di beberapa event.

Panitia tetaplah keluarga inti. “Ya ini panitianya sebetulnya kan dari keluarga. Wong kita ini punya gedung punya catering, punya EO. Jadi sudah sehari-hari. Hanya untuk keprotokoleran, kami minta bantuan satu dua menteri,” kata Jokowi.

Baca juga: Startup Aria Buka Tenant Meriahkan Pernikahan Kaesang-Erina

“Pak Erik juga karena memiliki pengaman manajemen di beberappa event jadi bisa sediki sedikit bantu. Sedikit-sedikit membantu,” kata Jokowi.

Usai prosesi akad Kaesang dan Erina, Presiden Jokowi bersyukur karena acara bisa berjalan dengan baik. Saat ditanya soal kado, Jokowi mengatakan kadonya adalah cinta untuk keduanya.

Jokowi mendoakan kepada kedua anaknya agar bisa membina keluarga yang haromis dan rukun sepanjang masa.

“Alhamdulillah pada hari ini kita saksikan ijab qobul telah berjalan dengan baik. Saya dan ibu iriana sangat senang dan bahagia, dan kami mendoakan agar Mas Kaesang dan Mbak Erina segera menempuh hidup baru, dan pesan saling pengertian, saling melengkapi, kemudian rukun, harmonis, sepanjang masa sampai kaken-kaken ninen-ninen. Senang bahagia lega,” kata dia.

Kepada Kaesang, Jokowi menyampaikan pesan khusus agar lebih serius setelah membina rumah tangga.  “Secara khusus saya tadi sampaikan pada kaesang. Kaesang ini kan senengnya slengekan dan tidak serius. Nah, ini sudah punya istri, saya sampaikan lebih serius, sedikit saja. Jangan terlalu serius, nanti cepat tua,” kata dia.

Baca juga: Ini Makna Simbolis Paes Ageng Yogyakarta dalam Riasan Erina Gudono

Saat ditanya terkait ingin mendapat cucu berapa, pak jokowi menjawab kepada awak media agar bertanya kepada Kaesang. “Tanya Kaesang,” kata dia.

Sementara, saat ditanya soal kado khusus, Jokowi menjawab bahwa kadonya adalah cinta.

Selesainya ijab kabul tersebut menandai bahwa ketiga anak Presiden Joko Widodo dengan istri, Iriana Joko Widodo sudah menikah semua atau mentas semuanya.

Joko Widodo saat jumpa pers di Yogyakarta mengaku dirinya senang, bahagia, dan merasa plong. “Senang, bahagia, plong. Apa lagi?” tanya Jokowi.

“Tinggal berdua lagi. Tapi nanti ada cucu-cucu,” sahut Iriana. Namun, saat ditanya ingin cucu berapa, Jokowi dan istri kompang menyerahkan semuanya kepada Kaesang. Kedua anak Joko Widodo dan Iriana memang sudah lebih dulu menikah dan memiliki Anak.

Baca juga: Geladi Bersih, Kereta Kuda Pengantin Kaesang-Erina Susuri Jl Slamet Riyadi Solo

Anak pertama yakni Gibran Rakabuming Raka telah menikah dengan Selvi Ananda pada 2015 silam. Keduanya dikarunia dua orang anak.  Selanjutnya, Kahiyang Ayu juga telah menikah pada 2017 lalu dengan Bobby Nasution. Keduanya dikaruniai tiga orang anak.

Sebelumnya, diberitakan Erina dan Kesang dinikahkan langsung oleh wali nikah yang juga kakak sulung Erina, Allen Gudono. Allen menggantikan mendiang ayahnya, Mohammad Gudono.

Menteri PUPR Mochamad Basuki Hadimuljono menjadi saksi nikah dari Kaesang dan Mensesneg Pratikno menjadi saksi pernikahan.

Kaesang memberikan mahar Erina dengan seperangkat alat salat, uang sebesar Rp300.000, dan logam mulia. Logam itu ditata secara berurutan dalam bingkai kaca, melambangkan tanggal pernikahan mereka yakni pada Sabtu (10/12/2022).

Logam pertama, emas batangan 10 gram. Disampingnya emas batangan 12 gram, kemudian emas batangan 20 gram, dan emas batangan 22 gram.

Baca juga: Jadi Saksi Akad Nikah Kaesang-Erina, Menteri PUPR Tiba di Royal Ambarrukmo



Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Muhadjir Effendy, menjadi juru bicara didampingi kakak sulung Kaesang Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution.

Kaesang memasuki area akad nikah didampingi Presiden Joko Widodo dan Ibunda Iriana Jokowi. Sementara, Erina, mengendarai kereta kuda menuju lokasi akad nikah.

Sebelumnya pasrah calon pengantin putra diwakilkan Menteri Muhadjir Effendy. Penerima pasrah yakni Muhammad Masyhudi, didampingi keluarga Erina,  Hendri Prasojo, dan Bagus.

Sementara, Wakil Presiden Makruf Amin menjadi pengisi khotbah pernikahan sekaligus pembaca doa dalam akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pendapa Ageng, Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

Saat mengisi pidato nikah, Makruf Amin memberikan beberapa nasihat. “Ananda Kaesang ketika Anda mengucapkan saya terima nikahnya kawinnya, berarti Anda berjanji kepada Allah. Maka Anda harus hati-hati karena sudah janji kepada Allah,” kata Makruf.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya