SOLOPOS.COM - Ilustrasi generasi muda olah pertanian Madiun. (Facebook-Raditya Venda)

Salah satu upaya pemkab dalam mendorong inovasi produk pangan dengan pameran pangan peringatan Hari Pangan Sedunia.

Harianjogja.com, BANTUL – Pemerintah Kabupaten Bantul, mendorong para pelaku usaha pertanian di daerah ini terus berinovasi dalam menciptakan produk olahan makanan dari bahan pangan lokal.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

“Banyak sekali inovasi produk pangan yang perkembangannya cukup bagus. Dan inovasi inilah yang terus kita dorong supaya masyarakat punya banyak alternatif,” kata Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih seperti dikutip Antara, Kamis (3/11/2016).

Menurut dia, dorongan agar ada inovasi produk pangan olahan itu karena selain pangan sampai kapan pun harus terus tersedia dalam jumlah yang cukup juga bervariasi, sebab manusia tidak mungkin mengonsumsi hanya satu jenis makanan saja.

“Untuk itu kita juga mesti berpikir bagaimana kebijakan agar Bantul bisa menyediakan berbagai macam komoditas tanaman pangan dan hortikultura yang mencukupi untuk kedaulatan atau kemandirian pangan kita,” katanya.

Salah satu upaya pemkab dalam mendorong inovasi produk pangan di antaranya dengan pameran pangan peringatan Hari Pangan Sedunia 2016 yang digelar di Halaman Kantor Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan pada 2 dan 3 November.

“Karena itu pameran tersebut merupakan upaya sejauh mana Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) bersama pelaku pertanian di Bantul dalam melakukan inovasi,” katanya.

Halim mengatakan, setidaknya ada beberapa inovasi jenis makanan yang dipamerkan dalam kegiatan itu, di antaranya ‘geblek’ yang dicampur dengan ikan dan udang, kemudian ada es krim dari bahan baku garut yang tidak disangka bagi masyarakat umum.

Oleh sebab itu, kata dia, inovasi produk makanan dari pangan lokal itu perlu dikenalkan kepada masyarakat luas agar berdampak positif bagi kesejahteraan pelaku pertanian dan akan menjadi kekuatan, bahwa Bantul punya daya inovasi yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya