SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pertanian Gunungkidul menghadapi gangguan jamur kakao

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL— Petani Kakao Dusun Plumbungan, Desa Putat, Patuk Gunungkidul belum memperoleh hasil yang maksimal pada panen raya pertengahan bulan Juli dan Agustus lalu. Hal tersebut dikarenakan adanya gangguan jamur pada batang buah kakao yang masih kerap muncul.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Ketua umum kelompok tani Ngudi Subur, Slamet Raharjo mengatakan bahwa adanya gangguan jamur masih menjadi kendala tersendiri bagi para petani kakao di Desa Putat. Pasalnya, dengan gangguan jamur tersebut dapat menurunkan produktivitas kakao.

Dijelaskannya, dalam kondisi yang bagus jumlah panenan dapat mencapai 4 kuintal, namun dalam panenan Juli lalu hanya mencapai satu hingga satu setengah kuintal kakao.

“Cukup menurun drastis, jamur masih menyerang kakao dan membuat kualitas buah menjadi kurang bagus,” kata Slamet saat ditemui di rumah Kelompok Tani Ngudi Subur, Senin (5/9/2016).

Slamet pun mengatakan masalah tersebut sudah sering disampaikannya dalam forum petani kakao ketika melangsungkan pertemuan. Selain itu, juga disampaikannya kepada Dinas terkait yakni Kehutanan dan Perkebunan untuk dicarikan solusinya.

Dikatakan, beberapa waktu yang lalu sosialisasi terkait dengan penanganan jamur pada pohon kakao disampaikan oleh pengamat tanaman perkebunan dari salah satu perguruan tinggi di Purwokerto.

Hasilnya, petani mendapatkan arahan bagaimana cara menangani jamur pada pohon kakao yang selama ini menjadi musuh utama petani. Solusi yang diberikan yakni petani harus menerapkan system pemangkasan ranting maupun daun-daun kakao yang berada di bagian atas pohon. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir berkembangnya jamur yang menyebar dengan bantuan udara.

“Baru sekitar empat minggu yang lalu sosialisasi dilakukan kepada kelompok petani, hasilnya masih belum diketahui. Kita masih menunggu pada panenan yang akan datang,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya