SOLOPOS.COM - Kepulan asap Pesawat T-50 jatuh (Twitter.com/@Blacklawyer82)

Pesawat Golden Eagle Jatuh dan menewaskan dua pilot.

Harianjogja.com, SLEMAN- Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriatna membentuk tim investigasi yang dipimpin Wakasau Marsdya TNI Hadian Suminta Atmaja dengan meneliti seluruh komponen di sekitar lokasi kecelakaan pesawat tempur T-50i Golden Eagle pada acara Gebyar Dirgantara Jogja Minggu (20/12/2015) di Lanud Adisuitjipto Jogja.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

(Baca juga : PESAWAT GOLDEN EAGLE JATUH : Bangkai Pesawat Masih di Lokasi untuk Investigasi, Hari Ini akan Dipindahkan)

Investigasi mulai dari wing, tail, nose hingga elevator atau posisi ketinggian pesawat dari objek yang aman saat melakukan manuver. Agus yakin investigasi itu akan menemukan letak split second yang salah.

Tetapi karena baru dua hari tim yang berjumlah tujuh personel ahli penerbangan militer diterjunkan, Agus tak berani menduga-duga untuk menyimpulkan penyebab jatuhnya pesawat.

“Kursi lontar juga masih diselidiki, kalau saya sebagai penerbang merasa tanda tanya kok tidak loncat, ga bisa atau kenapa kok ga loncat? sama seperti teman-teman wartawan bertanya kenapa?” ucap Agus.

Pihaknya enggan berkomentar terkait evaluasi pengadaan T-50i Golden Eagle ke depan. Namun ia memastikan belasan pesawat lainnya yang berhomebase di Lanud Iswahjudi Madiun itu masih dipergunakan.

Saat ini, kata Agus, lebih dulu konsentrasi pada investigasi penyebab kecelakaan dan penanganan keluarga korban. “Kita masih konsen betul melihat bagaimana keluarga, bagaimana sekolah anaknya, tempat tinggalnya,” ujar dia.

Sementara Kadispen AU Marsma TNI Dwi Badarmanto menyebut pesawat T-50i Golden Eagle TT-5007 dalam kondisi total loss. Artinya, kondisi badan pesawat hancur lebur. Menurut Dwi, butuh waktu untuk melakukan investigasi karena ada ribuan serpihan badan TT-5007 yang harus diteliti. “Mulai dari kaca, serpihan lain, akan diteliti,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya