SOLOPOS.COM - Sejumlah seniman teater boneka yang akan memeriahkan Pesta Boneka #5 dalam International Biennale Puppet Festival saat jumpa media di Greenhost Hotel, Rabu (30/11/2016).( Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)

Pesta Boneka #5 menghadirkan sejumlah seniman internasional.

Harianjogja.com, JOGJA — Kerinduan pecinta teater boneka tak lama lagi akan terobati dengan diselenggarakannya Pesta Boneka #5 pada 2-4 Desember. Papermoon Puppet Theater kembali menghadirkan International Biennale Puppet Festival dengan mengambil tema Home.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Pestanya seni teater boneka yang kelima ini akan diselenggarakan di dua lokasi, yakni di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri (PKKH) UGM dan Dusun Kepek, Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Bantul. Ria menambahkan dengan mengambil tema Home, festival ini diharapkan tidak hanya dapat dinikmati oleh pecinta seni teater boneka, tetapi juga keluarga.

Anton Fajri mewakili Dusun Kepek mengungkapkan, ini merupakan kali kedua Boneka digelar di desanya. Festival ini disambut suka cita oleh masyarakat sekitar.

“Acara ini merupakan hal baru bagi warga desa kami. Selain itu, bagi pemudanya, mereka jadi belajar cara membuat event internasional,” jelasnya, Rabu (30/11/2016).

Sejumlah seniman yang hadir dalam festival tersebut mengungkapkan antusiasmenya terhadap Pesta Boneka #5. Co-artistic Director of Lemonys Puppets Theater, Jacob William, seniman teater boneka asal Australia mengaku senang bisa diundang untuk tampil dalam festival ini. Alasannya datang dan berpartisipasi dalam festival ini yaitu ingin mengetahui seperti apa lingkungan yang memberikan inspirasi bagi Papermoon Puppet Theater dalam berkarya.

“Festival ini akan menjadi ruang interaksi antara seniman dan masyarakat. Pengunjung bisa mengenal teater boneka dan bertanya langsung kepada senimannya,” imbuh Ria.

Festival yang akan diselenggarakan selama tiga hari ini akan menampilkan berbagai kegiatan. Di antaranya, pertunjukan teater boneka, workshop dan presentasi dari beberapa seniman, When Puppeteers Cook yakni kegiatan memasak para seniman, pameran, screening film dan interactive installation oleh perupa Indonesia, Ruth Marbun.

Mengawali festival Pesta Boneka #5, Papermoon Puppet Theater menggelar pameran sejumlah karyanya di Greenhost Hotel yang dibuka Selasa (29/11/2016) malam. Pameran ini menampilkan berbagai sketsa Iwan Effendi, perupa dan penata artistik kelompok teater boneka ini.

“Pameran ini terdiri dari berbagai sketsa karya Iwan, karena biasanya setiap mau berkarya dia selalu membuat banyak sketsa. Selain itu, kami juga pamerkan salah satu karya kami yakni Secangkir Kopi Dari Playa,” ungkap Ria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya