SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Ilustrasi/dok

SLEMAN—”Maaf, Jalan Ditutup Ada Demo Petani Tembakau”. Pesan singkat ini terlihat di pertigaan jalan Dusun Bakalan, Desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman sekaligus sebagai penunjuk jalan ke arah demo petani tembakau menolak Peraturan Pemerintah (PP) tentang tembakau.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Menurut Ketua APTI DIY, Suwarji tulisan itu memang menjadi penanda jika tempat ini akan dijadikan demo. “Itu hanya pengumuman dan izin pada warga saja,” jelasnya sebelum demo, Sabtu (19/1/2013) pagi.

Aksi penolakan PP tembakau yang dilakukan APTI DIY ini diikuti ratusan petani tembakau di Sleman. Mereka juga menyiapkan setumpuk tembakau untuk dibakar. “Ini bentuk protes petani tembakau pada PP tentang tembakau. Kami harap kebijakan tersebut harus dicabut, karena bisa membunuh petani. Kami juga tidak akan bayar pajak,” kata Suwarji.

Suwarji menambahkan, jika PP tentang tembakau memang membebani petani tembakau saat ini. Pasalnya, peraturan itu membuat beberapa perusahaan rokok membatasi pembelian tembakau dari petani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya