SOLOPOS.COM - MENUJU ITALIA–Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti (kiri) menyalami Andy Leeano (kanan) ketika memberangkatkan menuju ke Milan, Italia, dengan sepeda motor Vespa Piaggio seorang diri di Kompleks Balaikota Jogja, Jumat (1/6) (JIBI/Harian Jogja/dok).

Andy Leeano pada 1 Juni 2012 lalu memulai misinya ke Italia dengan mengendari vespa tuanya. Dia dilepas Walikota Jogja, Haryadi Suyuti. Lalu bagaimana kisah perjalannya. Berikut kisah ia sampaikan kepada Harian Jogja.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Rasa harupun mengiringi awal petualangan ini. Ketika saya dilepas dengan konvoi bersama anggota Jogja Indo Scooter Club sampai ke daerah perbatasan Jogja dengan Kulonprogo. Dari sini saya memulai perjalanan ini untuk menuju Bandung sebagai tujuan pertama saya.

Saya menyelesaikan etape I yang menempuh Jogja-Bandung pada 2 Juni 2012. Saya sempat ramah tamah dengan banyak teman di Hotel Bumi Asih Jaya Soekarno Hatta, Bandung kurang lebih lima jam. Sekalipun dalam kondisi penat, saya masih sempat menghibur teman-teman dengan sulap dan hipnotis.

Seiring dengan terbitnya matahari pagi 3 Juni 2012, saya memulai perjalanan menuju sirkuit Auto Car Dauwan Cikampek. Dilokasi ini saua disambut o Ketua Panitia Sprint Rally 2012 Denny Rukmana dan melakukan audiensi dengan Ketua IMI Pusat, Nanan Soekarna bersama rekan-rekan jurnalis dari media cetak dan elektronika.

Tidak hanya dukungan moral yang diberikan Pak Nanan, beliau juga merogoh kocek segenggam US dollar diberikan kepada saya. Namun jumlahnya berapa, Pak Nanan melarang untuk menyebut. Tentu saja saya terharu.

Selesai di Cikampek, saya melanjutkan perjalanan menuju Jakarta-untuk selanjutnya ke Pejaten Pasar Minggu guna memenuhi undangan dari ratusan bikers/scooteris yang sudah menunggu kedatangan saya. Kembali ada ramah tamah dan saya sempat memberikan life motivation serta pengenalan mengenai prosedur dan tata cara pengurusan administrasi untuk sebuah kegiatan tour ke luar negeri.

Kegiatan ini diakhiri dengan doa bersama untuk kelancaran dan kesuksesan agenda tour Asia Eropa 2012 yang akan saya dilaksanakan. Kemudian saya menuju rumah Abno Vero owner PT. Baba Sutra Wisata Tour & Travel. dan pengenalan persyaratan serta dokumen-dokumen pendukung perjalanan tour ke luar negeri agar scooteris yang memiliki keinginan melakukan hal yang sama ke Jakarta tepat nya di Pejaten Pasar Minggu di sana disambut ratusan scooteris se Jabodetabek kemudian istirahat menginap dirumah Abno Vero.

Sorenya, 4 Juni 2012 mampir di kantor Deplu Jakarta bertemu dengan Firdaus Dahlan sebagai Deputy Director dan Ibu Kusuma Habir Kementrian Luar Negeri Jakarta menyerahkan surat rekomendasi perjalanan kepada saya dan selanjutnya meneruskan perjalanan ke Merak untuk menyeberang ke Bangkahueni untuk menuju Lampung. Dalam perjalanan ini saya hanya istirahat di kapal dan di sebuah SPBU. Banyak hal terjadi diluar prediksi, tapi itu saya nikmati.

Selanjutnya 5 Juni 2012, pagi saya mengunjungi Lampung Pekan Budaya dan disambut teman-teman Lampung yang pernah tinggal di Jogja kemudian ke kantor Gubernur Lampung untuk mendapatkan dukungan dan catatan dari pemerintah Bandar Lampung serta dinas Pariwisata dan kebudayaan Lampung. Kami mendapat sambutan baik dari pemerintah kota Lampung. Siangnya saya langsung melanjutkan perjalanan menuju kota Palembang. Dalam perjalanan ini, kali kedua saya harus bermalam di sebuah SPBU karena memang kondisinya harus demikian,”

6 Juni 2012, sekitar jam 10.00 WIB saya sudah sampai di Palembang langsung ke jembatan Ampera beristirahat dan disambut oleh teman – teman scooter club Palembang dan dijamu makan siang di tepi Sungai Musi. Selanjutnya menuju kantor Walikota. Pada malam harinya sebelum melanjutkan perjalanan sempat memberikan hiburan sulap dan hipnotis pada teman-teman club motor di bawah jembatan Ampera. Tepat pada pukul 21.00 WIB saya dilepas dan diantar iring-iringan puluhan motor ke km 12 menuju Sumatera Barat. Next to be continue…to Ranah Minang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.