SOLOPOS.COM - Petugas Polsek Paliyan meninjau lokasi kecelakaan tunggal di ruas jalan Wonosari-Paliyan di Dusun Watu Gilang B, Mulusan, Paliyan. Senin (25/7/2022). - Harian Jogja/David Kurniawan

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Satu orang meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal yang dialami kendaraan pikap di ruas Jalan Raya Paliyan-Wonosari, Dusun Watu Gilang B, Mulusan, Kapanewon Paliyan, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Senin (25/7/2022) pagi.

Kendaraan pikap berpelat nomor AD 9788 RM yang dikemudiakn Erda, warga Jamburejo, Sodo, Paliyan, itu menabrak pohon yang ada di jalan tersebut.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Untuk pengemudi pikap mengalami luka parah dan kondisinya kritis. Sedangkan seorang yang meninggal adalah penumpang pikap bernama Sutikno, warga Dusun Sidorejo, Sodo, Paliyan.

Kapolsek Paliyan, AKP Solechan, mengatakan kecelakaan itu terjadi berawal dari pikap yang dikemudikan Erda melaju dengan kencang di jalan tersebut. Setibanya di lokasi kejadi, tiba-tiba pikap kehilangan kendali dan melaju ke kanan. Hingga akhrinya menabtak pohon kenangan di pinggir jalan.

Baca Juga: Hindari Tawuran Terulang, Suporter Solo Diminta Tak Lewat Kota Jogja

“Penyebabnya belum pasti, masih didalami. Termasuk mendalami potensi sopir sedang mengantuk. Untuk kondisi jalannya rata dan lurus,” kata dia.

Untuk dugaan awal, lanjutnya, kendaraan pikap itu melaju sangat kencang. Hal itu terlihat dari bagian depan kendaraan yang ringsek.

Bahkan untuk mengeluarkan kedua korban, warga terpaksa menarik bagian depan mobil untuk mengevakuasinya.

Baca Juga: Kronologi Tawuran Suporter di Jogja, Diduga karena Ada Provokasi

“Bagian depan mobil ditarik paksa, supaya ada ruang guna mengeluarkan korban,” ujar dia.

Setelah berhasil dievakuasi, kedua korban langsung dibawa ke rumah sakit. Namun, penumpang pikap bernama Sutikno meninggal dunia saat dirawat di rumah sakita karena mengalami luka serius di bagian dada dan kepala.

Sedangkan untuk pengemudi pikap mengalami luka serius di bagian kepala dan harus menjalani operasi.

Baca Juga: Diduga Pengemudi Mabuk Miras, Mobil Tabrak Motor & Warung di Bantul

“Kondisinya masih kritis dan masih dalam penanganan tim medis,” kata kapolsek.

Solechan menyampaikan pihaknya masih menyelidiki terkait kecelakaan ini. Karena tidak ada yang tahu persis penyebab kecelakaan. Saksi mata hanya mengetahui pikap melaju semakin menengah hingga akhirnya menabrak pohon.

“Selain korban jiwa, kerugian materi akibat peristiwa ini mencapai Rp15 juta,” ujar Solechan.

Baca Juga: Video Detik-Detik Tawuran Suporter Persis Solo di Jogja Viral di Medsos

Sementara itu, Kepala Unit Gakkum Polres Gunungkidul, Iptu Darmadi mengatakan kasus laka tunggal tersebut kini sedang dalam penyelidikan dan barang bukti sudah diamankan ke Mapolres Gunungkidu.

“Sudah kami bawa [pikap] menggunakan derek yang kami miliki,” katanya.

Dia berharap peristiwa ini menjadi pelajaran bersama dan seluruh masyarakat diminta terus berhati-hati saat berkendara di jalanan.

“Ingat kecelakaan tidak hanya merugikan diri sendiri, tapi orang lain. jadi, terus patuhi aturan dalam berlalu lintas dan jangan lupa menggunakan pengaman seperti helm atau sabuk pengaman,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Pikap Tabrak Pohon Kenanga, 1 orang meninggal dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya