SOLOPOS.COM - Para Calon Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul. (Harian Jogja/Uli Febriarni)

Pilkada Gunungkidul baru akan diumumkan hasil penghitungan suara pada Rabu pekan depan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Komisi Pemilihan Gunungkidul menemukan sejumlah masalah saat perhitungan suarat suara di tingkat kecamatan. Harapannya hari ini seluruh kecamatan di sudah selesai dalam penghitungan sehingga pada Rabu (16/12/2015) rekapitulasi di tingkat kabupaten bisa dilakukan.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Ketua KPU Gunungkidul M Zainuri Ikhsan tidak menampik beberapa permasalahan dalam perhitungan suara di tingkat kecamatan. Namun, persoalan itu bisa diselesaikan saat penghitungan tersebut berlangsung. “Sudah clear, karena bisa diselesaikan saat itu juga,” kata Ikhsan kepada Harian Jogja, Jumat (11/12/2015).

Dia menjelaskan, beberapa masalah tersebut antara lain penjumlah hasil suara di formulir C1 tidak sesuai atau keliru. Kasus lain ada petugas Kelompol Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang tidak membukukan tanda tangan dalam plano perhitungan. Beberapa masalah ini, salah satunya terjadi saat penghitungan suara di Kecamatan Semanu.

“Semua sudah beres. Hingga sekarang sudah ada enam kecamatan yang melakukan perhitungan,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, untuk proses rekapitulasi di tingkat kecamatan ditarget selesai hari ini. Untuk itu, ia berharap agar anggota PPK segera melakukan penghitungan tersebut tepat waktu, sehingga proses penghitungan di KPU tidak terganggu.

“Kita sudah membuat jadwal penghitungan mulai dari tingkat TPS hingga kabupaten. Rencananya KPU akan melakukan penghitungan suara dalam pilkada pada 16 Desember mendatang,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya