SOLOPOS.COM - Sri Sultan HB X menggunakan hak suaranya dalam Pilkada Kota Jogja di TPS 9 Panembahan, Kecamatan Kraton, Jogja. (Herlambang Jati Kusumo/Harian Jogja)

Pilkada Jogja diikuti keluarga Kraton sebagai pemilih

Harianjogja.com, JOGJA-Raja Kraton Yogyakarta, Sri Sultan HB X menggunakan hak suaranya di TPS 9 Panembahan, Ndalem Cokronegoro, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Rabu (15/2/2017).

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

TPS ini terdiri atas 589 daftar pemilih tetap. Kendati dua adik Sultan, GBPH Prabukusumo dan GBPH Yudhaningrat terdaftar di TPS tersebut, namun keduanya tidak melakukan pencoblosan di TPS tersebut.

GBPH Prabukusumo diketahui memilih di TPS 2 Ngadisuryan yang berada tidak jauh dari kediamannya. Sedangkan GBPH Yudhaningrat juga demikian, memilih melakukan pencoblosan di TPS yang terdekat dari rumahnya di TPS 2 Prawirodirjan, Kecamatan Gondomanan.

GBPH Prabukusumo mengakui memang terdaftar di TPS 09 Panembahan. Menggunakan surat C5, Prabukusumo beserta keluarga pindah lokasi pencoblosan di TPS 2 Ngadisuryan yang lokasinya tepat di belakang rumahnya.

“Memang kesepakatan saja, bebas mau milih di mana. Paling penting nyoblos menggunakan hak pilih,” ujar Prabukusumo.

Diakui Ketua KPPS TPS 9 Panembahan, Hardy Kisworo, beberapa adik Sultan menggunakan hal pilihnya di TPS lain. Tercatat ada sekitar sembilan DPT yang pindah TPS, diantaranya GBPH Prabukusumo dan GBPH Yudhaningrat. Menurut Hardy, hal itu tidaklah menjadi masalah selama yang bersangkutan tetap membawa surat pengantar atau C5 sebagai bukti pindah TPS.

“Sementara ada sembilan DPT yang pindah, karena alasan pribadi. Mungkin mencari TPS yang lebih dekat dengan rumah, karena kadang penduduk kota tidak semua berada di Kota Jogja,” jelas Hardy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya