SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Pilkada Jogja diharapkan dapat berjalan kondusif tanpa isu SARA

Harianjogja.com, JOGJA — Sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Kita Semua Bersaudara menggelar aksi simpatik di Titik Nol Kilometer Jogja, Selasa (1/11/2016). Aksi tersebut sebagai bentuk keprihatinan atas maraknya isu-isu SARA yang berpotensi memecah belah bangsa akhir-akhir ini.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

“Kita ingin menyampaikan bahwa seluruh masyarakat bangsa Indonesia bahwa kita semua bersaudara. Tidak peduli apa agamamu, apa sukumu, apa warna kulitmu, dan apa rasmu,” kata Koordinator Gerakan Kita Semua Bersaudara, Samsi Ananta, disela-sela aksi.

Puluhan peserta aksi ini membentangkan beberapa spanduk ajakan untuk menjaga persatuan dan keutuhan bangsa. Mereka juga membagi-bagikan stiker bertuliskan ‘Kita Semua Bersaudara’ kepada pengguna jalan yang melintas di sekitar Titik Nol Kilometer.

Aksi ini diikuti dari berbagai organisasi masyarakat, di antaranya Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), Aliansi Masyarakat Cinta Damai, Forum Masyarakat Lintas Budaya, Forum Papua Jogja, Faksi Kraton, Laskar Jogja, dan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI-Polri (FKPPI).

Samsi Ananta mengajak masyarakat untuk berhati-hati dan menahan diri terhadap berbagai isu yang dapat memanaskan situasi dan berpotensi memecah persatuan dan kesatuan menjelang pelaksanaan pemilihan kepada daerah (Pilkada) serentak ini.

“Indonesia kuat bukan karena persenjataan yang canggih, melinkan karena adanya persatuan dan rasa persaudaraan yang membuat bangsa ini kuat dan tidak mudah digoyang,” ujar Ananta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya