SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan umum kepala daerah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Seluruh lembaga yang akan melakukan pemantauan pada Pilkada 2017 harus mendaftar di KPU Kota Jogja06

Harianjogja.com, JOGJA – Komisi Pemilihan Umum Kota Jogja membuka pendaftaran untuk kelompok atau lembaga yang akan melakukan pemantauan pemilihan kepala daerah pada Februari 2017.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

“Sudah dibuka sejak awal bulan, namun belum ada yang mendaftar,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja  Wawan Budianto seperti dikutip Antara, Minggu (5/6/2016).

Meskipun belum ada yang resmi mendaftar, namun Wawan mengatakan, sudah ada satu lembaga yang menanyakan berbagai syarat untuk mendaftar sebagai pemantau pada saat pemilihan kepala daerah mendatang.

Wawan menegaskan, seluruh lembaga yang akan melakukan pemantauan pada Pilkada 2017 harus mendaftar di KPU Kota Yogyakarta untuk kemudian diverifikasi dan diakreditasi.

Selain dari lembaga yang berbasis di Yogyakarta atau daerah lain di Indonesia, lembaga asing juga bisa menjadi pemantau pilkada asalkan sudah terdaftar di KPU RI.

“Hanya lembaga yang telah lolos akreditasi yang bisa melakukan pemantauan,” katanya.

Sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh lembaga untuk menjadi pemantau pemilihan kepala daerah adalah organisasi independen, tidak memiliki hubungan dengan partai politik manapun, memiliki kelembagaan dan sumber dana yang jelas.

“Biasanya, lembaga pemantau hanya melakukan pemantauan pada saat pemungutan suara saja. Namun sebenarnya, seluruh tahapan pilkada bisa dipantau,” katanya.

Dalam waktu dekat, KPU Kota Yogyakarta akan segera membuka pendaftaran untuk panitia ad hoc di wilayah yaitu Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kelurahan dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya