SOLOPOS.COM - Calon Wali Kota Jogja Nomor Dua, Haryadi Suyuti beserta istri dan anaknya, menggunakan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 15, Muja-muju, Umbulharjo, Jogja, Rabu (15/2/2017), hari ini. (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Pilkada Jogja mulai dilakukan penghitungan suara

Harianjogja.com, JOGJA– Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti-Heroe Poerwdi (HS-HP) menang di TPS 15, Kelurahan Muja-muju, Kecamatan Umbulharjo. TPS tersebut merupakan lokasi Haryadi menggunakan hak suaranya bersama isteri dan anak.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Hasil penghitungan suara di TPS 15 paslon HS-HP unggul dengan perolehan 140 Suara. Sementara paslon Imam Priyono-Achmad Fadli hanya memperoleh 75 suara. Sebanyak delapan surat suara tidak sah karena dicoblos kedua pasangan calon.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 15, Wahyu Widiyatmo mengatakan total pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS-nya sebanyak 319 orang, namun yang menyalurkan hak suaranya hanya 215 orang.

Menurut dia, banyak sebab yang tidak datang ke TPS, di antaranya cuaca sempat hujan dan kurangnya kepedulian terhadap pemilihan wali kota dan wakil wali kota (Pilwalkot) Jogja. Pihaknya sudah berupaya mensosialisasikan pilwalkot dan ajakan memilih melalui poster, pengumuman langsung melalui pengeras suara jelang pencoblosan.

Bahkan ia bersama warga mendesain TPS 15 dengan nuansa valentine. Hampir semua ornamen TPS berwarna ping, termasuk pakaian KPPS semuanya berwarn ping. “Tapi saya ikir ini lebih baik dari partisipasi dalam pilpres beberapa waktu lalu yang tidak sampai setenghnya. Dalam pilwalkot ini partisipasi lebih dari separuhnya,” kata Wahyu.

Sementara suara yang tidak sah, kata Wahyu, kemungkinan karena ragu mau memilih siapa karena kedua pasangan calon dicoblos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya