SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Pilkada Jogja sudah memasuki masa kampanye

Harianjogja.com, JOGJA-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja, Wawan Budianto menyatakan semua pasangan calon (paslon) walikota dan wakil walikota Jogja wajib menyerahkan laporan penerimaan dan sumbanyan dana kampanye. Jika tidak melaporkan, maka paslon bisa dicoret dari daftar pencalonan.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

“Kalau laporannya tidak sesuai maka paslon bisa dikenakan sanksi pidana,” kata Wawan di kantor KPU Kota Jogja, Kamis (27/10/2016) malam.

Wawan mengatakan tiap paslon harus menyerahkan laporan dana kampanye tiga kali, yakni laporan awal dana kampanye (LADK) sehari sebelum berkampanye, laporan penerimaan dana sumbangan kamp (LPDSK) maksimal 20 Desember mendatang, dan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK) pada 12 Februari atau tiga hari sebelum pemungutan suara.

Soal laporan dana kampanye, kata Wawan sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemil Kepala Daerah (Pilkada), Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2015 dan Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2016.

Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa sumbangan dana kampanye perorangan maksimal Rp75 juta dan sumbangan badan hukum swasta Rp750 juta. “Selebihnya harus diserahkan ke kas negara,” kata Wawan.

Sumbangan juga harus menyertakan identitas, pernyataan penyumbang. Hal itu karena ada beberapa penyumbang yang tidak diperbolehkan seperti lembaga asing, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usah Milik Daerah (BUMD), dan Badan Usaha Milik Desa.

Lebih lanjut Wawan mengatakan penggunaan dana kampanye juga tidak boleh melebihi batas yang ditentukan. Batas pengeluaran dana kampanye tiap paslon walikota dan wakil walikota sudah ditetapkan maksimal Rp5,6 miliar. “Jika penggunaan dana kampanye melebihi batas yang ditentukan maka pencalonannya bisa dibatalkan,” ujar Wawan.

Kemarin malam, kedua tim pemenangan paslon telah menyerahkan laporan awal dana kampanye. Menurut Wawan, ada 13 item yang dilaporkan di antaranya soal salinan buku rekening, saldo awal, dan laporan penyumbang. Namun ia enggan menjelaskan karena laporan tersebut masih belum selesai.

“Nanti pasti kami umumkan ke publik, sekarang masih dalam proses,” ucap Wawan.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

223 Pendaftar PPK Pilkada Sukoharjo Lolos Seleksi Administrasi

223 Pendaftar PPK Pilkada Sukoharjo Lolos Seleksi Administrasi
author
Rohmah Ermawati Senin, 6 Mei 2024 - 09:20 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo, Syakbani Eko Raharjo, saat memberikan keterangan, Sabtu (4/5/2024). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO–Sebanyak 223 pendaftar rekrutmen calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sukoharjo 2024 dinyatakan lolos seleksi administrasi. Mereka diwajibkan mengikuti seleksi tertulis berbasis Computer Assisted Test (CAT).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo, Syakbani Eko Raharjo, mengatakan berkas administrasi masing-masing pendaftar diverifikasi untuk memastikan kelengkapan administrasi. Dari hasil penelitian kelengkapan berkas administrasi dinyatakan 223 pendaftar lolos seleksi administrasi.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

“Para peserta yang lolos seleksi administrasi diwajibkan mengikuti tahapan seleksi tertulis pada hari ini [Senin]. Proses seleksi tertulis berbasis sistem Computer Assisted Test (CAT),” kata dia, Senin (6/5/2024).

Pelaksanaan seleksi tertulis berbasis CAT digelar mulai pukul 08.30 WIB-13.00 WIB di SMKN 1 Sukoharjo dan SMAN 3 Sukoharjo. Pelaksanaan seleksi tertulis dibagi dua sesi lantaran jumlah peserta cukup banyak.

Koran Solopos

Sementara hasil seleksi tertulis bakal diumumkan pada 9-10 Mei. “Peserta yang lolos seleksi tertulis diwajibkan mengikuti seleksi wawancara pada 11-13 Mei. Sedangkan, calon anggota PPK yang dinyatakan lolos bakal diumumkan pada 15 Mei. Pelantikan calon anggota PPK direncanakan pada 16 Mei,” ujar dia.

Sementara itu, Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Sukoharjo, Murwedhy Tanomo, mengatakan peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi paling banyak di wilayah Kecamatan Sukoharjo dan Kecamatan Kartasura.

Yakni, masing-masing 36 peserta dan 30 peserta.

Emagazine Solopos

Wedhy, sapaan akrabnya, menyebut ada para peserta yang dinyatakan tidak memenuhi syarat lantaran berkas administrasi yang dikirim ke KPU Sukoharjo tidak lengkap. Seperti surat keterangan sehat dari instansi terkait.

“Total jumlah peserta yang tidak memenuhi syarat sebanyak 129 orang. Dua diantaranya dinyatakan TMS lantaran ketidaksesuaian identitas diri dengan KTP,” ujar dia.

 

Interaktif Solopos



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Tim Bulu Tangkis Putra Indonesia Runner-up Piala Thomas 2024

Tim Bulu Tangkis Putra Indonesia Runner-up Piala Thomas 2024
author
Newswire , 
Burhan Aris Nugraha Senin, 6 Mei 2024 - 09:19 WIB
share
SOLOPOS.COM - Tim bulu tangkis putra Indonesia menerima medali saat Upacara Penghargaan Pemenang Piala Thomas 2024 di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Minggu (5/5/2024). (Antara/Galih Pradipta)

Solopos.com, CHINA — Tim bulu tangkis putra Indonesia harus puas menjadi runner-up Piala Thomas 2024 setelah kalah 1-3 menghadapi tuan rumah China di babak final yang berlangsung di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Minggu (5/5/2024).

Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan ganda Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto takluk di tangan tuan rumah. Satu-satunya kemenangan diraih tunggal putra Jonatan Christie yang tampil di partai ketiga setelah menang dalam tiga set dari Li Shi Feng, 21-16, 15-21 dan 21-17.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Pada partai keempat ganda putra Indonesia Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri harus mengakui keunggulan tuan rumah pada partai keempat dalam straight set 11-21,15-21.

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie melakukan selebrasi usai menang melawan pebulu tangkis China Li Shi Feng dalam final Piala Thomas 2024 di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Minggu (5/5/2024). (Antara/Galih Pradipta)

Koran Solopos

 

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Fajar Alfian (kiri) dan Muhammad Rian Ardianto (kanan) terjatuh saat melawan pebulu tangkis China Liang Wei Keng dan Wang Chang dalam final Piala Thomas 2024 di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Minggu (5/5/2024). (Antara/Galih Pradipta)

 

Emagazine Solopos

Ekspresi pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting saat melawan pebulu tangkis China Shi Yu Qi dalam final Piala Thomas 2024 di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Minggu (5/5/2024). (Antara/Galih Pradipta)

 

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Muhammad Shohibul Fikri (kanan) dan Bagas Maulana (kiri) saat melawan pebulu tangkis China He Ji Ting dan Ren Xiang Yu dalam final Piala Thomas 2024 di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Minggu (5/5/2024). (Antara/Galih Pradipta)

Interaktif Solopos



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Beredar Video Hoax Uang Hilang, Pengamat Sebut Menabung di Bank Sangat Aman

Beredar Video Hoax Uang Hilang, Pengamat Sebut Menabung di Bank Sangat Aman
author
Anik Sulistyawati Senin, 6 Mei 2024 - 09:19 WIB
share
SOLOPOS.COM - Pengamat menilai perbankan nasional masih menjadi tempat yang sangat aman untuk menyimpan uang.(Ilustrasi/BRI)

Solopos.com, JAKARTA – Teknologi yang semakin canggih mendatangkan kemudahan penyebaran informasi secara cepat. Namun, hal ini juga perlu diwaspadai mengingat informasi hoax dan menyesatkan, khususnya dalam hal ini terkait layanan perbankan dapat menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

Salah satu contohnya belum lama ini, akun sosial media (Instagram, Tiktok, Facebook) Rama News (@ramanews) pada 23 April 2024 mengunggah sebuah video yang diambil dari akun TikTok widia_pengamatpolitik.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Akun tersebut menyebarkan informasi sesat dengan narasi kejadian nasabah BRI yang kehilangan uang merupakan efek dari pemilu yang membutuhkan uang untuk serangan-serangan bansos.Selain itu, pengunggah juga mengajak masyarakat untuk menarik uangnya yang ada di BRI dan menyimpannya sendiri. Hal ini telah ditegaskan oleh BRI bahwa video “Uang Hilang di BRI adalah efek dari Pemilu Untuk Serangan Bansos” tersebut tidak benar dan tidak berdasar.

Ekonom sekaligus Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Piter Abdullah pun mengatakan perbankan nasional masih menjadi tempat yang sangat aman untuk menyimpan uang. Menurutnya, perbankan adalah lembaga keuangan yang diawasi dengan ketat oleh regulator.Masyarakat disebut tak perlu khawatir dan harus tetap percaya terhadap kinerja perbankan nasional.

Koran Solopos

“Menyimpan uang di bank sangat aman. Malah dibandingkan emas, simpanan di bank lebih likuid bisa digunakan untuk belanja dengan kartu debit. Bank adalah lembaga keuangan yg sangat ketat diawasi,”ujarnya di Jakarta, belum lama ini.

Di sisi lain nasabah tetap harus berhati-hati dan memastikan bank yang sudah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), sebuah lembaga independen yang dibentuk dengan tujuan meningkatkan kepercayaan nasabah atau masyarakat terhadap bank. Dengan begitu, keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional dapat dijaga oleh bank.

Untuk nilai simpanannya, yang dijamin untuk setiap nasabah pada satu bank paling maksimal adalah saldo Rp2 miliar. Jika simpanan melebihi Rp2 miliar, maka akan diselesaikan oleh tim likuidasi berdasarkan likuidasi kekayaan bank. Simpanan nasabah bank konvensional yang dijamin LPS berbentuk tabungan, deposito, giro, sertifikat deposito, dan bentuk lainnya.

Emagazine Solopos

Terkait beredarnya video hoax uang hilang di sosial media baru-baruini, Corporate SecretaryBRI Agustya Hendy Bernadi mengimbau masyarakat agar dapat memanfaatkan sosial media secara positif dan tidak mudah termakan informasi yang belum dapat dipastikan kebenarannya.

“BRI juga terus menghimbau dan memberikan edukasi kepada nasabah, serta masyarakat untuk dapat bertransaksi aman dan nyaman. Hal tersebut tak lepas dari masih adanya berbagai modus penipuan online atau social engineering,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Salah satu yang marak adalah modus penipuan melalui permintaan untuk meng-klik sebuah file undangan pernikahan berformat APK di WhatsApp (WA). BRI mengimbau nasabah agar lebih berhati-hati dan tidak mengunduh, menginstal, maupun mengakses aplikasi tidak resmi.

Interaktif Solopos

Selain itu, Hendy mengimbau nasabah untuk tetap menjaga kerahasiaan data pribadi dan data perbankankepada orang lain dan pihak yang mengatasnamakan BRI, termasuk memberikan informasi data pribadi maupun data perbankan (nomor rekening, nomor kartu, PIN, user, password, OTP, dsb.) melalui saluran, tautan atau website dengan sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories