SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan umum kepala daerah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Pilkada Kulonprogo akan digelar tahun depan, namun berbagai persiapan mulai dilakukan

Harianjogja.com, KULONPROGO-Sekretaris DPC PDIP Kulonprogo, Istana mengatakan bahwa rekomendasi mengenai pasangan calon yang akan diusung dalam pilkada 2017 diharapkan turun pekan ini. Meski demikian, PDIP beserta 4 partai lainnya telah bersepakat untuk mengusung Hasto Wardoyo sebagai calon bupati periode berikutnya.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

DPC PDIP Kulonprogo telah selesai melakukan survei oleh lembaga independen dan dipresentasikan langsung di hadapan Hasto Kristianto, Sekjen DPP PDIP. Sejumlah bakal calon yang mendaftar juga telah menjalani assesment oleh partai berlogo banteng ini.

Karena itu, Istono mengatakan bahwa pihaknya kini sedang menunggu hasil rekomendasi dari DPP. “Diharapkan akan turun pada Minggu,” ujarnya ketika dihubungi, Senin (1/8/2016).

Sementara itu, PDIP Kulonprogo sendiri bersama 4 partai lainnya telah bersepakat dan menandatangani berita acara untuk mendukung Hasto Wardoyo pada 28 Juli lalu.

Ia sendiri enggan memaparkan keempat partai yang telah bersepakat ini dengan alasa masih mempertimbangkan kemungkinan partai lainnya yang akan bergabung. “Kita belum bisa sebutkan partai apa saja karena mungkin masih ada partai lain yang akan bergabung,” ujarnya.

Meski demikian, nama wakil bupati yang akan diusung mendampingi Hasto masih akan menunggu rekomendasi dari DPP. Ia meyakini bahwa rekomendasi dari partai akan memiliki pertimbangan tersendiri khususnya dalam upaya memenangkan kembali pilkada Kulonprogo.

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa PDIP masih terbuka dan menunggu kerjasama partai politik lainnya untuk berkoalisi tanpa syarat demi kepentingan rakyat. Namun, akan sangat lebih baik apabila partai yang memiliki visi dan misi yang sejalan segera menjalin komunikasi.

Sekretaris DPD PAN Kulonprogo, Bukhori Burhanudin mengatakan proses rekomendasi yang ada sudah mengalami kemunduran. Semestinya rekomendasi itu dijadwalkan akan turun pada pertengahan Juli. “Informasi terakhir akan turun pada awal Agustus ini,” kata Bukhori.

Rekomendasi tersebut akan menjadi dasar bagi PAN untuk mengusung dan memenangkan calon dalam pilkada 2017.

Komunikasi politik juga sudah dijalin dengan sejumlah partai politik salah satunya dengan PDIP baik di tingkat kabupaten maupun pusat. Menghadapi pilkada 2017, PAN Kulonprogo mememili satu bakal calon bupati yakni Hasto Wardoyo dan empat bakal calon bupati yakni Hamam Muttaqien, Ponimin Budi Hartono, Sutedjo, dan Suradi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya