SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pilkada serentak di DIY, KPU diminta membuat TPS khusus di rumah sakit

Harianjogja.com, JOGJA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY diminta untuk menyediakan tempat pemungutan suara (TPS) khusus di rumah sakit dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di DIY, 9 Desember, mendatang. Hal itu untuk memudahkan pasien dan petugas rumah sakit dalam menyalurkan hak suaranya

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

“Selama ini TPS khusus hanya di lembaga pemasyarakatan, tapi tidak ada di rumah sakit,” kata Ketua Komisi A, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY, Eko Suwanto, Jumat (26/6/2015).

Eko mengatakan keberadaan TPS di rumah sakit penting. Menurutnya, pemilik hak suara di rumah sakit jumlahnya bisa mencapai lebih dari seribuan, mencakup pasien, keluarga pasien, dan petugas rumah sakit.

Selama ini, diakui Eko, pemilih di rumah sakit memang diakomodir melalui TPS yang terdekat dengan rumah sakit, dengan cara didatangi oleh Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ke rumah sakit. Padahal aturannya KPPS tidak boleh meninggalkan TPS sampai pukul 12.00 WIB atau selesainya pemungutan suara.

“Langkah terbaiknya adalah ada TPS khusus di rumah sakit, karena tidak mungkin pasien dimobilisir menuju TPS terdekat,” ucap Eko.

Selain itu, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini juga minta KPU agar memasukkan pemilih kelahiran 1998 dalam daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) karena saat pada Desember mendatang sudah berusia 17 tahun.

Komisioner KPU DIY Bidang Logistik Guno Tri Tjahjoko mengatakan dasar pembentukan TPS sesuai Undang-Undang KPU adalah basisnya daftar pemilih tetap (DPT). Sementara pemilih di rumah sakit sifatnya mobile, sehingga tidak bisa dipastikan jumlah surat suara yang harus disiapkan.

“Untuk mengakomodasi pemilih di rumah sakit, seperti biasanya lewat TPS terdekat,” kata Guno. Ia menambahkan, TPS khusus yang diatur dalam Undang-Undang hanya di lembaga pemasyarakatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya