SOLOPOS.COM - Seorang petugas dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Wates mengecek ulang hasil rekapitulasi suara yang dilakukan di pendapa kantor Kecamatan Wates, Jumat (17/2/2017). (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)

Pilkada serentak diharapkan tetap kondusif

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Kepala Kepolisian Daerah DIY Brigadir Jendral Polisi Ahmad Dofiri mengklaim pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Kulonprogo dan Kota Jogja berjalan aman dan lancar.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Dia pun berharap agar simpatisan calon dapat menahan diri hingga KPU mengumumkan siapa yang terpilih menjadi kepala daerah di dua tempat tersebut.

“Suasana kondusif itu harus tetap dijaga. Jangan  sampai ada aksi yang mencoreng pelaksanaan yang sejak awal sudah berlangsung dengan baik tersebut,” kata Dhofiri kepada wartawan di sela-sela menghadiri kegiatan bakti sosial di Polres Gunungkidul, Sabtu (18/2/2017).

Menurut dia, kelancaran pilkada bukan semata-mata menjadi tugas dari pihak keamanan. Namun kondisi itu dapat diwujudkan dengan melibatkan peran dari semua pihak, mulai dari calon, partai pengusung hingga simpatisan dari calon yang bertarung dalam pemilihan untuk saling menahan diri. “Mari bersama-sama kita jaga agar suasana tetap kondusif hingga akhir pilkada nanti,” ujar mantan Wakpolda DIY itu.

Dhofiri berharap kejadian di Kecamatan Kraton pada Kamis (16/2/2017) lalu tidak terulang kembali. Untuk itu, pihaknya siap melakukan pengamanan sampai adanya keputusan pemenangan pilkada oleh KPU Kota Jogja. Dia pun mengungkapkan, keberhasilan petugas dalam menangani permasalahan di Kraton juga sebagai bentuk kesiapan polisi dalam mengawal pilkada mulai dari awal tahapan pelaksanaan.

“Sudah kita siapkan 2.500 personel [pengamanan di Kulonprogo dan Kota Jogja]. Dengan jumlah ini sudah sangat cukup untuk pengamanan hingga proses akhir nanti,” katanya.

Dia menegaskan, adanya kejadian di Kecamatan Kraton tak lantas membuat pengamanan di Pilkada Kota Jogja mendapatkan perlakuan khusus. Sebab, upaya pengamanan yang sama juga diberikan oleh polisi di Pilkada Kulonprogo. “Potensi kerawanan di kedua daerah sama sehingga pengamanan yang dilakukan diberlakukan sama pula,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya