SOLOPOS.COM - Lambang PDI Perjuangan (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, SLEMAN-Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Sleman mulai melakukan penjaringan calon bupati dan wakil bupati untuk persiapan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2015 pada Kamis (9/10/2014). Tahap penjaringan terbuka bagi kader partai maupun masyarakat umum.

Penjaringan calon akan dibuka melalui beberapa pintu. Di antaranya melalui Pengurus Anak Cabang (PAC) di setiap kecamatan serta DPC, Dewan Pimpinan Daerah (DPD), dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

“PAC sudah kami instruksikan untuk menggelar rapat dan sosialisasi dengan mengundang berbagai elemen masyarakat. Namun, lewat pintu mana pun, calon harus tetap mengambil dan mengembalikan formulir pendaftaran melalui DPC,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Sleman, Rendradi Suprihandoko kepada wartawan di Kantor DPC PDI Perjuangan, Rabu (8/10/2014).

Rendradi mengatakan, PDIP memberi kesempatan apabila ada masyarakat umum yang ingin menyalonkan diri sebagai Bupati atau Wakil Bupati Sleman.

“Kami ingin menampung aspirasi masyarakat. Semakin banyak yang daftar, partai juga bisa lebih selektif. Verifikasi calon pun akan dilakukan di setiap tingkat, baik DPC, DPD, hingga DPP,” ucapnya menguraikan.

Penjaringan akan dibuka hingga 23 Oktober 2014, kecuali melalui PAC yang dibatasi hanya sampai 16 Oktober mendatang.

“Apabila sampai tanggal 23 Oktober nanti yang mengembalikan formulir kurang dari empat, masa pendaftaran harus diperpanjang,” ungkap Rendradi.

Terkait dengan koalisi, lanjut Rendradi, pihaknya masih akan menunggu perkembangan situasi politik.

“Kami punya hak politik untuk pengajuan calon karena pada pileg lalu kami mendapat 24% suara. Namun, kami juga punya alternatif terkait apakah akan mengusung sendiri atau melalui koalisi,” papar Rendradi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya