SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jadwal rekapitulasi di kecamatan dimulai 10 Desember hingga 16 Desember 2015.

 

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Ilustrasi logistik pemilu siap didistribusikan. (JIBI/Solopos/Antara/Destyan Sujarwoko)

Ilustrasi logistik pemilu siap didistribusikan. (JIBI/Solopos/Antara/Destyan Sujarwoko)

Harianjogja.com, WONOSARI-Warga Gunungkidul diminta untuk tidak terpancing kegembiraan berlebihan saat rekapitulasi suara dilakukan pada 9 Desember 2015. Melainkan tetap menunggu hasil rekapitulasi resmi yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul.

Pasalnya, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kabupaten Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani pada Selasa (8/12/2015) menjelaskan bahwa meskipun pada 9 Desember 2015 hasil sementara sudah bisa terlihat, namun rekapitulasi suara pemenang Pilkada 2015, masih akan dilakukan secara berjenjang. Setelah dihitung di TPS, hasil penghitungan suara dilanjutkan di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Selanjutnya oleh KPU Kabupaten Gunungkidul.

Jadwal rekapitulasi di kecamatan dimulai 10 Desember hingga 16 Desember 2015. Sementara itu, rekapitulasi di tingkat kabupaten dijadwalkan 16 hingga 18 Desember 2015.

“Walau demikian hasil resmi rekapitulasi dari tingkat kabupaten bisa saja sudah dapat diumumkan sekitar 17 Desember 2015,” ungkapnya, di ruang kerjanya.

Penghitungan suara pada Pilkada 2015, imbuhnya, melibatkan KPU RI. Di mana, KPU akan langsung menscan form C1 milik Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk dikirim dan diunggah oleh KPU RI di halaman internet milik mereka. Sehingga dari sana, maayarakat bisa mencermati langsung perolehan suara dari tiap TPS.

“Langkah ini turut memberikan kesempatan kepada warga untuk mencermati langsung perolehan suara, dan memutus rantai manipulasi suara. Proses penghitungan menjadi lebih terbuka dan langsung, kami memang menginginkan pada Pilkada 2015 ada banyak pihak yang mencermati, agar hasil bisa valid,” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang warga Wareng, Wonosari, Kismaya berharap semoga Pilkada 2015 bisa menghasilkan pemimpin Gunungkidul yang berintegritas dan juga bisa membawa perkembangan kepada Kabupaten Gunungkidul.

Selain itu, warga Baleharjo, Wonosari, Nena berharap Pilkada 2015 nanti dapat berjalan secara tertib dan terbuka. Sehingga calon kepala daerah yang terpilih dapat memberikan warna baru bagi Gunungkidul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya