SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemungutan suara pemilihan umum (JIBI/Solopos/Dok.)

Harian Jogja.com, GUNUNGKIDUL—Sebanyak 55 Badan Permusyawaran Desa (BPD) di Gunungkidul bersiap menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) akhir 2013.

Kabag Administrasi Pemerintahan Desa Pemkab Gunungkidul, Siswanto, menuturkan pada November 2013, ada 38 kepala desa yang habis masa jabatannya. Menurutnya 55 BPD telah membentuk kepanitiaan.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

“Mengenai jadwal pemilihan, belum ada laporan dari kecamatan,” papar dia kepada Harian Jogja.com, Kamis (26/9/2013).

Salah satu kecamatan yang harus segera menggelar pilkades yakni Wonosari. Setidaknya ada lima desa yang akan menggelar pilkades yaitu Kepek, Karangrejek, Wonosari, Mulo serta Duwet.

Pelantikan BPD yang terbilang mepet yakni 12 September lalu membuat BPD harus bekerja ekstra cepat. Salah satu anggota BPD Karangrejek, Basiron, menuturkan jabatan Kepala Desa Karangrejek akan selesai pada 27 November 2013.

“Ibaratnya kami harus lari marathon. Usai dilantik, kami langsung membentuk kelengkapan BPD setelah itu membentuk panitia pilkades,” papar dia.

Ketua Paguyuban Kades Semar Wonosari Bambang Setyawan menuturkan, BPD seharusnya sudah membentuk kepanitiaan empat bulan sebelum berakhirnya masa jabatan kades yang tengah menjabat. Ia khawatir mepetnya persiapan akan berpengaruh pada kelancaran pilkades.

“Takutnya nanti ada gejolak di tengah masayarakat apabila persiapan terlalu mepet,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya