SOLOPOS.COM - Pintu selatan kompleks Kepatihan DIY yang diresmikan Kamis (28/12/2017). (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Gubernur DIY Sri Sultan HB X telah meresmikan pintu selatan Kompleks Kepatihan pada Kamis (28/12/2017)

 
Harianjogja.com, JOGJA-Gubernur DIY Sri Sultan HB X telah meresmikan pintu selatan Kompleks Kepatihan pada Kamis (28/12/2017). Peresmian menandai perubahan akses keluar masuk Kantor Gubernur DIY.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Baca juga : Jangan Sampai Salah, Seperti Ini Perubahan Akses Masuk Kompleks Kepatihan

Komandan Peleton Pengamanan Satpol PP DIY Suwarjono mengungkapkan kebijakan baru Pemda DIY nyatanya memang menimbulkan sedikit riak-riak. Utamanya saat semua pegawai diarahkan keluar melalui pintu selatan pada Kamis sore.

Suwarjono mengatakan beberapa pegawai merasa lebih nyaman lewat belakang, karena itulah saat dilarang melalui pintu tersebut, banyak yang merasa kecewa. Karena ada rasa tidak enak, mengingat yang protes adalah teman sendiri, maka akhirnya pintu belakang saat itu langsung ditutup.

Namun, meskipun ada beberapa suara sumbang, ia yakin para pegawai akan terbiasa dengan kebijakan baru, seiring dengan berjalannya waktu.

Yang kecewa karena perubahan pola menuju dan keluar Kompleks Kepatihan, sambungnya, bukan hanya pegawai tapi juga masyarakat umum. Suwarjono mengatakan banyak warga yang terpaksa putar balik sejak Jumat pagi.

Ia mengatakan, selama ini banyak warga dan pedagang yang memanfaatkan Kantor Gubernur DIY sebagai jalan tembus menuju Malioboro. Mereka masuk lewat belakang dan muncul di pintu barat. Satpol PP DIY tak kuasa menolak, karena saat ditanya, mereka menjawab ada urusan yang harus di urus.

“Beberapa agak kagol. Biasanya yang begitu [menjadikan Kompleks Kepatihan jalan tembus) untuk mengantarkan anaknya sekolah. Pedagang di Malioboro juga banyak yang begitu. Dengan adanya kebijakan baru sudah distop. Karena pintu barat sudah ditutup,” katanya, Jumat (29/12/2017).

Apa yang disampaikan Suwarjono tidak salah, hari itu nampak pemotor yang meluncur kencang dari arah timur hendak ke pintu barat. Tapi tak berapa lama kemudian, ia sudah balik arah karena jalan yang disediakan hanya cukup bagi pejalan kaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya