SOLOPOS.COM - Genangan air karena pipa air bocor di Desa Umbulharjo Cangkringan Sleman. (JIBI/Harian Jogja/Sunartono)

Genangan air karena pipa air bocor di Desa Umbulharjo Cangkringan Sleman. (JIBI/Harian Jogja/Sunartono)

Harianjogja.com, SLEMAN – Warga di lereng Merapi terpaksa membeli air bersih karena air bersih di wilayah itu tidak mengalis setelah pipa air rusak.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Kepala Desa Umbulharjo, Bejo Mulyo mengatakan pipa itu merupakan satu-satunya saluran air bersih dari Umbulwadon untuk ribuan warga.

Berdasarkan data, kata dia, terdapat sekitar 1.517 kepala keluarga di desanya yang bergantung pada pipa saluran air itu. Kini sebagian besar masyarakat mengalami gangguan ketersediaan air akibat persoalan itu.

Bahkan warga terpaksa membeli air seharga Rp100.000 setiap tangkinya.

“Selain banyak yang pecah, pipa-pipanya jadi gepeng jadi air tidak lancar sampai ke warga. Terpaksa banyak yang membeli dari tempat lain,” terang dia, Selasa (20/8/2013).

Sebelumnya, puluhan titik saluran pipa air bersih dari mata air Umbul Wadon, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman rusak parah.

Kerusakan disebabkan terlindas truk pasir yang melintas di jalur Tangkisan, meski di lokasi itu sudah ada rambu larangan dilewati truk.

Kerusakan terparah saluran pipa air terjadi di RT 02 RW 03, Dusun Tangkisan, Umbulharjo atau jalur terdekat dari arah ke Kinahrejo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya